Bandung (ANTARA News) - Anggota Polri harus menjaga sikap netral baik saat bertugas maupun di luar tugas pengamanan Pemilu Presiden 2014 dan fokus pada tugas pokok dan fungsinya serta menunjukkan karakter dan profesionalisme, kata Wakapolda Jabar Brigjen Pol Rycko Amelza Dhaniel, Sabtu.

"Polri dituntut mampu mengamankan setiap tahap Pemilu tersebut dengan baik dan bertanggung jawab, mampu mencegah terjadinya konflik, serta mampu menjaga netralitas dalam Pemilu 2014," kata Wakapolda.

Ia menyebutkan berkaca pada pelaksanaan pengamanan kampanye dan Pemilu Legislatif tanggal 9 April 2014 yang lalu, secara umum pelaksanaan Pemilu Legislatif di wilayah hukum Polda Jabar berlangsung dengan aman, tertib dan kondusif.

Namun ia berharap personil di lapangan tidak lengah dan tetap melakukan antisipasi secara maksimal karena karakter Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif berbeda.

"Setiap perhelatan punya karakter masing-masing, dan itu harus diantisipasi oleh masing-masing satuan kewilayahan," katanya.

Terkait netralitas Polri pada Pemilu Presiden 2014, menurut Ryzko merupakan harga mati dan harus dijunjung oleh seluruh personil.

"Saya berharap seluruh personil bisa menjaga sikap saat bertugas maupun di luar tugas yakni netral, semua tindakan berkoordinasi," kata Wakapolda Jabar menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014