Malang (ANTARA News) - Gagasan untuk memberikan insentif kepada petani di Kota Malang, Jawa Timur,  terhambat payung hukum yaitu belum adanya peraturan daerah atau surat keputusan wali kota.

"Gagasan itu sudah cukup lama kami utarakan, namun karena tidak ada payung hukumnya, sehingga belum bisa direalisasikan. Hingga kini kami belum bisa berbuat apa-apa," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Malang Sapto P Santoso, Senin.

Ia mengatakan, pemberian insentif kepada petani itu dengan harapan mereka tetap mempertahankan lahannya untuk pertanian dan tidak menjualnya kepada pengembang atau perorangan.

Rencananya, kata Sapto, insentif diberikan kepada petani dalam bentuk bantuan biaya produksi, guna mengurangi kesulitan mereka saat bercocok tanam.

Karena tidak ada aturan atau payung hukum terkait rencana pemberian insentif itu, lanjutnya, banyak petani yang menjual lahannya.

Lahan pertanian di Kota Malang dari tahun ke tahun semakin menyusut, bahkan saat ini hanya tinggal 1.250 hektare.

Padahal, katanya, pada tahun 2007 masih seluas 1.550 hektare dan tahun 2011 menyusut menjadi sekitar 1.300 hektare.

Lahan pertanian tersebut sebagian besar ada di wilayah Kecamatan Lowokwaru dan Kedungkandang, sedangkan Kecamatan Klojen sudah tidak ada lahan pertanian sama sekali.

Akhir-akhir ini, luas lahan yang paling banyak mengalami penyusutan adalah di Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru.

Pemilik lahan banyak yang ingin menjual lahannya kepada pengembang, lebih-lebih kawasan itu berkembang pesat menjadi salah satu kawasan perdagangan dan hunian baru.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014