...kita membuka kesempatan kerjasama dengan pemerintah Austria dan juga berbagai negara lainnya demi pembangunan Kota Jakarta
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencoba menjajaki kerja sama dengan pemerintah Austria dalam bidang pembangunan ibu kota.

Penjajakan tersebut dilakukan ketika Menteri Transportasi Inovasi dan Teknologi Austria Doris Bures melakukan kunjungan ke Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada hari ini.

Wakil Gubernur DKI jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang menerima kunjungan tersebut mengatakan Pemprov DKI berkeinginan untuk menjalin kerja sama secara konkrit dengan pemerintah Austria.

"Intinya, kita mau belajar dari negara-negara di Eropa, termasuk Austria, untuk mengetahui bagaimana cara mengelola ibu kota dengan baik. Bagaimana membuat kota yang rapi, bersih dan tertata," kata Basuki usai menerima kunjungan Menteri Transportasi dan Inovasi Teknologi Austria di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut dia, dalam kunjungan tersebut, Pemprov DKI menyampaikan paparan berupa program-program yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir dan rencana ke depan.

"Sejumlah rencana itu, di antaranya pembangunan tanggul laut raksasa (giant sea wall), Mass Rapid Transit (MRT), renovasi green building gedung Balai Kota DKI dan pengembangan layanan bus Transjakarta," ujar Basuki.

Selain itu, dia menuturkan Pemprov DKI juga membutuhkan bantuan terkait pengelolaan air limbah di wilayah Jakarta, karena pengelolaannya saat ini baru mencapai tiga persen.

"Oleh sebab itu, melalui kunjungan tersebut, kita membuka kesempatan kerjasama dengan pemerintah Austria dan juga berbagai negara lainnya demi pembangunan Kota Jakarta," ungkap Wagub yang akrab disapa Ahok itu.

Dalam kunjungan itu, Basuki turut didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Manggas Rudi Siahaan, dan Kepala Dinas Kebersihan Saptastri Ediningtyas. Bertindak sebagai moderator, yaitu Deputi Gubernur Bidang Trasnportasi Sutanto Suhodo.

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014