Hong Kong (ANTARA News) - Run Run Shaw, taipan Hong Kong yang menciptakan kerajaan media Asia yang mencakup dunia film dan televisi, Selasa, meninggal dunia pada usia 107, kata perusahaannya.

Shaw meninggal dengan tenang di rumahnya di Hong Kong, dikelilingi oleh keluarganya, rekan-rekannya, kata Television Broadcasts Limited (TVB) dalam satu pernyataan, seperti dilaporkan Reuters.

"Dengan visi dan energinya, ia telah membangun perusahaan menjadi stasiun televisi terkemuka di Hong Kong dan pemimpin dunia di bidang industri televisi berbahasa China," kata TVB.

Salah satu tokoh terkemuka perfilman Hong Kong, Shaw mempopulerkan film-film kung-fu China di Barat dan membantu mengubah Hong Kong menjadi "Hollywood East" selama 80 tahun karirnya.

Dia mendirikan operator televisi terbesar di Hong Kong, TVB, pada tahun 1967 dan menjabat sebagai ketua eksekutif sampai 2011. Dia kemudian ditunjuk sebagai ketua emeritus.

Televisi TVB dan kerajaan hiburan tersebut tetap menjadi pengaruh utama pada budaya populer di Hong Kong dan masyarakat China di luar negeri.

(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014