Kita ingin menjadikan mahasiswa yang kreatif dan berwawasan luas,"
Jakarta (ANTARA News) - Tujuh lulusan terbaik Universitas Mercu Buana (UMB) masing-masing mendapatkan hadiah Rp50 juta dari Yayasan Menara Bhakti, di Jakarta, Selasa.

Penghargaan pun diperoleh 15 lulusan terbaik dari masing-masing fakultas berupa hadiah berwisata ke Singapura dan Malaysia.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Sumber Daya Universitas Mercu Buana (UMB), Purwanto mengatakan, penghargaan diberikan karena mahasiswa tersebut berhasil meraih IPK tertinggi dibandingkan yang lainnya.

Bahkan, satu dari tujuh mahasiswa lulusan terbaik, berhasil menyelesaikan studi dengan "double degree" di China.

"Mereka adalah lulusan terbaik dengan berbagai prestasi yang diraih," ujarnya.

Untuk nilai IPK tertinggi pada kelulusan tahun ini, Purwanto menjelaskan, diraih mahasiswa Fakultas manajemen dengan IPK 3,98.

Sedangkan untuk jalan-jalan ke Singapura dan Malaysia, dijelaskannya bahwa hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan tambahan pengalaman mahasiswa.

Diharapkan, para mahasiswa dapat menambah wawasan, kreativitas dan berpikir luas setelah melihat kemajuan di negara lain. "Kita ingin menjadikan mahasiswa yang kreatif dan berwawasan luas," katanya.

Kepala Biro Humas and Care UMB, Irmulan Sati, menambahkan, UMB pun memberikan bea iswa bagi yang ingin melanjutkan ke tahap magister atau S-2.

"Kepada lulusan terbaik, akan diberikan beasiswa secara penuh dari UMB. Hal itu untuk menjadikan mahasiswa yang berguna," ujarnya.

Dalam wisuda UMB di gedung JCC, Senayan, Jakarta Selatan, ada 1.687 lulusan, terdiri atas 195 magister, delapan sarjana profesi, 1.457 sarjana, dan 27 diploma.

Rektor UMB Dr Arissetyanto Nugroho mengatakan kampus yang dipimpinnya akan terus meningkatkan kualitas.

"Salah satunya dengan menerapkan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi. Sehingga, bisa menjaga kualitas proses pendidikan dan pembelajaran mahasiswa kami," katanya.

(KR-AIF/A013)

Pewarta: Acmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013