Kegiatan bersih-bersih ini sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir saat musim hujan seperti sekarang, karena Kalimas merupakan salah satu jalur pembuangan air dari wilayah kota menuju laut."
Surabaya (ANTARA News) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V mengerahkan ratusan prajurit untuk mendukung gerakan bersih-bersih Kalimas Surabaya dalam rangka peringatan Hari Armada tahun 2013, Rabu.

Gerakan bersih-bersih Kalimas yang dikonsentrasikan di sekitar Jembatan Petekan dan kawasan Pelabuhan Kalimas Surabaya itu, dipimpin oleh Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Sumadi, yang didampingi Wakil Komandan Lantamal V Kolonel (Mar) Bambang Sutrisno dan Asisten Operasi Kolonel Laut (P) Irvansyah.

Dalam kegiatan ini, prajurit Lantamal juga dibantu oleh ratusan warga yang tinggal di sekitar kawasan Kalimas. Selain itu, dua unit perahu karet milik Marinir dikerahkan untuk mengangkut prajurit menyisir Kalimas dan memunguti sampah-sampah.

Laksma TNI Sumadi mengatakan gerakan bersih-bersih Kalimas merupakan tindak lanjut dari program "Pantai Bersih" yang dicanangkan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Agung Pramono beberapa hari sebelumnya.

"Kegiatan bersih-bersih ini sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir saat musim hujan seperti sekarang, karena Kalimas merupakan salah satu jalur pembuangan air dari wilayah kota menuju laut," kata Sumadi.

Menurut Sumadi, ada sekitar 300 prajurit yang dilibatkan dalam gerakan bersih-bersih Kalimas ini, ditambah 200 warga dan dari instansi terkait yang peduli dengan program kali bersih.

"Kawasan Kalimas, terutama di sekitar bangunan bersejarah Jembatan Petekan dekat Markas Koarmatim, saat ini kondisinya sudah sangat dangkal dan banyak sampah. Padahal, kawasan ini dulu menjadi jalur transportasi utama kapal laut," ujarnya.

Selain Kalimas, lanjut Sumadi, prajurit Lantamal V juga akan melakukan gerakan bersih-bersih pantai di Bangkalan, Madura, dan penanaman pohon bakau di sekitar Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

"Rangkaian kegiatan lain yang akan kami lakukan adalah bakti sosial kesehatan untuk warga kurang mampu yang dipusatkan di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan," tambah Komandan Lantamal V.  (D010/S012)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013