London (ANTARA News) - Inggris mengirimkan satu kapal perang angkatan laut dengan peralatan membuat air minum dari air laut serta pesawat angkut militer untuk membantu upaya penanganan bencana akibat terjangan Topan Haiyan di Filipina.

Perdana Menteri Inggris David Cameron pada Senin (11/11) mengatakan, HMS Daring akan memberikan bantuan kemanusiaan, antara lain mengirimkan bantuan ke daerah-daerah paling membutuhkan yang sulit dijangkau menggunakan pesawat angkut militer Boeing C-17.

"HMS Daring yang saat ini sedang berada di dekat Singapura akan segera bergerak dengan kecepatan penuh menuju ke zona bencana, dukungan dari RAF (Angkatan Udara Kerajaan) C-17 akan sangat membantu operasi penanganan bencana," katanya.

HMS Daring diperkirakan mencapai daerah bencana dalam lima hari dan C-17 dalam beberapa hari ke depan. Sekitar 200 personil militer akan dilibatkan dalam operasi pemberian bantuan tersebut.

Departemen Urusan Pembangunan Internasional Inggris sebelumnya telah menjanjikan dana awal enam juta pound (sekitar 9,6 juta dolar AS) untuk membantu penyediaan makanan, air bersih dan tempat penampungan korban bencana akibat sapuan Topan Haiyan yang menewaskan sekitar 10.000 itu.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013