Jakarta (ANTARA News) - Enam klub amatir bola basket akan bersaing dalam kompetisi Premier Basketball League (PBL) yang diselenggarakan PT ORBI.

"Bergulirnya kompetisi bola basket ini adalah untuk pembinaan bibit muda dalam merasakan kompetisi tingkat nasional," kata Dirut OT ORBI, Sofran Nurozi, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, kompetisi tersebut nantinya akan melakoni dua putaran kompetisi di Jakarta dan Tegal. Sedangkan partai final akan dilangsungkan di Bali.

Sofran berharap pembinaan pemain amatir dapat terus dilakukan. Dengan kembali bergulirnya PBL tahun ini, bisa menggeliatkan para pemain basket amatir.

Operasional PT ORBI Budi Wardoyo mengatakan, meski melibatkan klub basket amatir namun telah berkoordinasi dengan PB Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi).

Pasalnya, pihaknya ingin membina bola basket dari level bawah meskipun diberikan label amatir oleh Perbasi namu profesional dalam pengelolaan.

"Jadi, ini adalah rebound dari Perbasi. Klub yang ikut pun pernah tergabung dalam Kobatama. Namun karena vakum maka dibentuk PBL," katanya.

Kompetisi PBL akan mulai dilaksanakan tanggal 4-10 November di GOR Soemantri Brojonegoro Jakarta pada putaran pertama. Lalu putaran kedua di Gor Wisanggeni Tegal mulai 18-24 November. Sedangkan putaran Final di GOR Kerobokan mulai tanggal 4-7 Desember.

Rino Vandi Kusuma selaku Komisaris PT ER Imaji Inovasi yang menjadi sponsor utama menuturkan, alasan pihaknya mendukung kompetisi ini karena bertujuan untuk menumbuhkan bibit berbakat.

"Diharapkan akan bermunculan banyak bibit berbakat yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh para klub yang menjalani kompetisi di tingkat profesional," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013