... Brevet kehormatan bagi Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Marsetio bertambah lagi... "
Jakarta (ANTARA News) - Brevet kehormatan bagi Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, bertambah lagi, setelah dikukuhkan menjadi warga kehormatan Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU, di Bumi Margahayu, Jawa Barat, Rabu. 

Bersama dengan Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, dan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Budiman, Marsetio dikenakan baret jingga oleh Komandan Korps Pasukan Khas TNI AU, Marsekal Muda TNI Amarullah, disaksikan Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI IB Putu Dunia, dalam satu upacara khusus. 

Selain baret jingga kebanggaan Korps Pasukan Khas TNI AU itu, disematkan juga brevet bernuansa pedang diapit sayap di seragam loreng bermotif khas pasukan khusus TNI AU dengan kemampuan komando itu kepada ketiga perwira tinggi bintang empat itu. 

Keterangan Dinas Penerangan TNI AL, Rabu, menyatakan, masih ada atribut khusus yang dianugerahkan kepada tiga warga kehormatan baru Korpashas itu, yaitu pisau komando khusus, termasuk kepada Marsetio.

Belum lama ini pada 15 Agustus lalu, Marsetio juga dianugerahi wing penerbang tempur kehormatan dari TNI AU di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma. Dia berada di kokpit Sukhoi Su-30MKI Skuadron Udara 11 yang dikemudikan Mayor Penerbang Vincent. 

Selain Marsetio, yang juga menerima wing penerbang tempur kehormatan adalah Kepala Staf TNI AD (saat itu) Jenderal Moeldoko, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana.

Sama seperti di Bumi Margahayu, koleganya yaitu Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI IB Putu Dunia juga "mengawal" mereka di udara dalam pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI lain, dan kemudian menyematkan wing khusus itu di dada kanan flight suit kehijauan yang dikenakan. 

Panglima TNI (saat itu), Laksamana TNI Agus Suhartono, menyaksikan upacara penyematan wing kehormatan penerbang tempur TNI AU itu. 

Di Bumi Margahayu, Marsetio dan ketiga perwira tinggi bintang empat itu bersama sejumlah besar pimpinan TNI dan matra-matra TNI, diberi peragaan dinamis kebolehan Detasemen B-90 Bravo Korps Pasukan Khas TNI AU. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013