Melalui ini kita buktikan ke dunia bahwa negara-negara Islam dapat rukun dan bersatu,"
Palembang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan semangat olahraga yang didasari sportivitas dan persahabatan mengalahkan perbedaan politik sehingga dapat mewujudkan harmonisasi antar negara.

"Melalui ini kita buktikan ke dunia bahwa negara-negara Islam dapat rukun dan bersatu," kata Presiden saat membuka Islamic Solidarity Games (ISG) III di Stadion Sriwijaya Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Minggu malam.

Presiden mengharapkan agar perhelatan olahraga negara-negara anggota konferensi Islam (OKI) tersebut dapat mendorong terbentuknya semangat baru dalam upaya harmonisasi dan juga persahabatan antar negara-negara Islam.

"Saya meminta semua kontingen untuk memperbaharui komitmen harmony in unity melalui nilai Islam sebagai rahmatan alamin," katanya.

Ditambahkannya,"kita bersama bisa mencapai apa yang diinginkan kita tunjukkan ukhuwah islamiyah terwujud dan tunjukkan pada dunia ajaran Islam mendorong hidup dalam harmoni untuk wujudkan perdamaian dan kesejahteraan."

ISG III 2013 berlangsung sejak 22 September hingga 1 Oktober 2013. Terdapat 13 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 194 nomor pertandingan yang diikuti 1.400 atlet dari 44 negara.

Presiden Yudhoyono secara khusus menyampaikan apresiasi atas kehadiran atlet Palestina, Suriah dan Mesir dalam perhelatan ini.(*)

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013