Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Ani Yudhoyono menghadiri peresmian pabrik ban asal Korea Selatan, Hankook di Kawasan Industri Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

Dalam peresmian tersebut, Presiden didampingi sejumlah menteri diantaranya Menteri Perindutrian MS Hidayat dan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Hadir juga mantan Presiden Korea Selatan, Lee Myung Bak dan didampingi istrinya.

Sementara jajaran Hankook Tire diantaranya `Vice Chairman dan CEO Hankook Tire Seung Hwa Suh, President dan CEO Hankook Tire World Wide Hyun Shick Cho dan Presiden dan CM0/CM00 Hankook Tire Hyun Bum Cho.

Pabrik Hankook di Cikarang ini merupakan pusat produksi globalnya yang ke tujuh.

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik ini dilakukan pada Juni 2011. Total investasi Hankook di area seluas 60 hektar tersebut sebesar 1,1 miliar dolar AS hingga 2018. Fase pertama pembangunan pabrik yang telah diselesaikan saat ini menelan investasi 353 juta dolar AS.

Pada tahap awal, pabrik ini akan memproduksi enam juta ban pertahun, 30 persen diperuntukkan bagi pasar domestik dan 70 persen untuk pasar ekspor diantaranya negara-negara ASEAN, Amerika Utara dan Timur Tengah. Produksi ini diharapkan akan mendukung peningkatan kapasitas 100 juta ban pertahun pada 2014.

Produksi ban Hankook di Cikarang ini sebagian besar untuk kendaraan penumpang, ban ultra high performance dan ban untuk truk ringan.

Hankook Tire di Cikarang saat ini memperkerjakan 1.400 pegawai. Rencanaya setelah penyelesaian pembangunan tahap empat pada 2018 nanti, pegawai yang dipekerjakan mencapai 4.800.

Hankook merencanakan membentuk 30 cabang saluran distribusi Hankook Masters hingga akhir tahun ini. Hankook telah memiliki 17 cabang jaringan distribusi.

Hankook Tire kini memiliki tujuh pabrik yang tersebar di empat negara dan memperkerjakan sekitar 20 ribu orang di seluruh dunia. Ban Hankook juga telah menyebar di 180 negara.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013