... yang berhak menindaklanjuti memang PBNU, kita hanya melapor."
Surabaya (ANTARA News) - Tim Rukyatulhilal Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) melaporkan telah melihat hilal (rembulan muda pertanda awal bulan kalender) di Bukit Condro, Gresik, sehingga awal Syawal 1434 H kemungkinan pada Kamis (8/8).

"Tim Lajnah Falaqiyah PCNU Gresik yang dipimpin Inwanuddin melaporkan telah melihat hilal di Bukit Condro, Gresik," kata koordinator Tim Rukyatul Hilal PWNU Jatim, HM Sholeh Hayat, kepada ANTARA News per telepon, Rabu petang.

Menurut dia, tim Pengurus Cabang NU Gresik yang melihat hilal itu juga sudah disumpah, sehingga PWNU Jatim langsung melaporkan hasilnya ke PBNU, karena PBNU yang berhak melaporkan hasilnya ke pemerintah.

"Nanti, pemerintah akan melakukan Sidang Itsbat di Kantor Kementerian Agama RI dan hasilnya akan diumumkan kepada masyarakat," katanya.

Salah seorang Ketua PWNU Jatim itu menegaskan bahwa pihaknya juga menerima laporan dari tim PWNU Sulsel bahwa hilal juga terlihat di Makassar.

"Tapi, hasil itu juga disampaikan ke PBNU, karena yang berhak menindaklanjuti memang PBNU, kita hanya melapor," katanya.

Tahun ini, PWNU Jawa Timur menerjunkan Tim Rukyatulhilal pada 12 titik rukyatulhilal, yakni Pantai Tanjung Kodok Lamongan, Bukit Condro Gresik, Pantai Ambet Pamekasan, Pantai Gebang Bangkalan, Pantai Nambangan Surabaya, dan Pantai Bentar Blitar.

Selain itu, Pantai Awar-awar Tuban, Pantai Nyamplong Jember, Pantai Kalbut Pasir Putih Situbondo, Pantai Gili Ketapang Probolinggo, Pantai Serau Pacitan, dan Pantai Ngliyep Malang.

Sementara itu, Muhammadiyah sudah memastikan awal Ramadan 1434 Hijriah jatuh pada hari Selasa Wage atau 9 Juli 2013 Masehi, berdasarkan hisab "hakiki wujudul hilal" dan hasil musyawarah Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menyepakatinya melalui ketentuan yang telah ditetapkan. Awal Ramadan pada tanggal 9 Juli 2013," ujar Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Nadjib Hamid.

Penetapan yang ditandatangani oleh Ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Sekretaris Umum PP Mummadiyah Danarto, seperti tertuang dalam Maklumat No.04/MLM/I.0/E/2013 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1434 H tertanggal 23 Mei 2013.

Pewarta: Edy M Ya`kub
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013