Kami ingin menyongsong datangnya era baru di mana kehidupan buruh pelabuhan lebih sejahtera. Kami menggantungkan harapan itu pada Jumhur Hidayat,"
Banjarnegara (ANTARA News) - Fungsionaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Jakarta Utara menerima pencalonan tokoh muda Moh Jumhur Hidayat yang dideklarasikan oleh ratusan buruh Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengikuti konvensi calon presiden.

Pimpinan DPC Partai Demokrat Jakarta Utara Uci Sanusi di Jakarta, Kamis, menerima pernyataan tertulis yang dibacakan dalam deklarasi di Balai Rakyat Dewa Ruci, Tanjung Priok.

"Kami ingin menyongsong datangnya era baru di mana kehidupan buruh pelabuhan lebih sejahtera. Kami menggantungkan harapan itu pada Jumhur Hidayat," kata Ketua Forum Aspirasi Tubagus Romli dalam surat elektronik yang diterima dari Jakarta.

Elemen buruh yang tergabung dalam Forum Aspirasi Buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Priok antara lain Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) dan Pimpinan Unit Kerja (PUK) TKBM Pelabuhan Tanjung Priok.

Disebutkan bahwa deklarasi dukungan diberikan karena selama ini tidak pernah ada pejabat tinggi negara yang dekat dan memerhatikan nasib para buruh pelabuhan.

Tubagus Romli mengatakan buruh percaya bahwa di tangan Jumhur Hidayat nasib mereka akan lebih baik apalagi Jumhur adalah mantan aktivis perburuhan yang dikenal dekat dengan kalangan akar rumput dan sekarang menjabat Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)

"Deklarasi hari ini melalui pertimbangan yang matang agar ada pemimpin negara ini yang muncul dari komunitas kami dan menjadi sosok pejuang buruh yang konsisten memperjuangkan cita-cita dan aspirasi kami," kata Tubagus.

Tubagus juga mengajak seluruh elemen buruh, untuk bergandengan tangan dan bersama-sama mendukung Jumhur.

"Kami mendukung Jumhur Hidayat supaya ada perubahan dan kami tidak lagi termarjinalkan. Sekarang Jumhur sudah menjadi Kepala BNP2TKI dan kami berharap dia lebih dari itu," kata Tubagus.

Pernyataan dukungan kemudian disampaikan kepada DPC Partai Demokrat untuk diteruskan kepada Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.
(B009/Z002)

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013