Jakarta (ANTARA News) - Bulan Ramadhan telah tiba. Tentu umat muslim memerlukan panduan untuk mengetahui saat imsak, jadwal sholat atau hal lainnya yang terkait dengan puasa.

Berikut beberapa aplikasi di android terkait puasa yang bisa diunduh di Play Store jika kita mencari dengan kata kunci "jadwal puasa" atau "jadwal imsak":

1. Jadwal Imsakiyah 1434H /2013
Aplikasi Gawegawe Studio ini berisi jadwal Imsak, Subuh, Terbit, Dhuha, Zuhur, Ashar, Magrib, dan Isya' ke dalam sebuah tabel Jadwal Ramadhan sebulan penuh.

Jika sudah menginstal aplikasi ini, maka dapat dibuka walau tidak menggunakan akses ke Internet. Terdapat kurang lebih 409 kabupaten, 1 kabupaten administrasi, 93 kota, dan 5 kota administrasi yang terdapat di Indonesia berada di dalam Aplikasi Imsakiyah Indonesia version 1.0 ini .

Namun untuk mengetahui jadwal, kita harus mencari kota tujuan, sehingga agak menyulitkan jika kota tujuan berada di bawah. Saat kita keluar aplikasi dan membuka kembali, kita harus memilih kembali kota yang dituju.

Hal ini mungin karena aplikasi tidak menggunakan internet  saat dibuka sehingga tidak otomatis menditeksi keberadaan hp.

2. Jadwal Puasa 2013
Aplikasi ini mirip dengan Jadwal Imsakiyah 1434H /2013  hanya tampilannnya saja yang berbeda. Seperti Jadwal Imsakiyah 1434H /2013, Jadwal Puasa 2013 tidak membutuhkan koneksi internet (OFFLINE), dan bersumber dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Namun dalam memilih lokasi agak lebih mudah. Setelah kita menentukan kota tujuan dan kemudian menutup aplikasi, maka jika kita membuka kembali maka jadwal puasa kota tujuan terakhir yang akan terbuka.

3. Jadwal Sholat Indonesia
Disebutkan, aplikasi GITS Indonesia ini membantu Anda mengetahui jadwal sholat di Indonesia, sehingga ibadah anda dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Dengan menggunakan lokasi Anda saat ini, aplikasi ini dapat menentukan jadwal sholat yang dilengkapi dengan alarm yang dapat diset dengan bebas.

Jika melihat "screenshoot" , telihat ada waktu imsak. Namun saat diinstall, jadwal imsak tidak ada. Tidak diketahui mengapa hal tersebut terjadi.

4. Sahabat Ramadhan
Aplikasi JASA UPLOAD APP ini berisi beberapa menu yakni:
* Sahabat Ramadhan (antara lain hal terkait pengertian atau tata cara puasa, zakat fitrah, sholat id dan lebaran)
* Jadwal Imsakiyah
* Keutamaan Ramadhan

5. Buka Dimana
Aplikasi OnebitMobileBuka ini akan menunjukkan tempat buka puasa yang paling dekat dari posisi kita. Aplikasi ini bisa menemukan restoran dan tempat makan untuk buka puasa

Disebutkan aplikasi ini dikembangkan menggunakan API dari Urbanesia - layanan city directory dengan lebih dari 220.000 bisnis di Jakarta dan Indonesia

BukaDimana dapat digunakan dimana saja Urbanesia berada

1. Jakarta
2. Bandung
3. Surabaya
4. Jogjakarta
5. Medan
6. Bali

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013