... terpaksa mengurangi keuntungan agar daging sapi ini tetap laku dan tidak membusuk... "
Pangkalpinang, Bangka Belitung (ANTARA News) - Pedagang di Pasar Pembangunan Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, menurunkan harga daging sapi dari Rp105.000 menjadi Rp92.000 per kilogram.

"Kami terpaksa menurunkan harga untuk meningkatkan penjualan menjelang puasa Ramadhan," ujar pedagang sapi, Sulaiman di Pangkalpinang, Sabtu. Kenaikan harga daging sapi juga menurunkan daya beli masyarakat.

Ia menjelaskan, dalam sepekan terakhir penjualan daging turun cukup drastis karena daya beli warga melemah, sehingga pedagang kesulitan menjual dagangannya.

"Kami terpaksa mengurangi keuntungan agar daging sapi ini tetap laku dan tidak membusuk yang pada akhirnya rugi," ujarnya.

Menurut dia, biasanya sepekan menjelang puasa Ramadhan permintaan daging mengalami peningkatan yang cukup signifikan karena sebagian besar umat Islam mengelar berbagai tradisi keagamaan seperti sedekah ruah, doa bersama dan lainnya menyambut bulan suci Ramadhan.

"Mudah-mudahan upaya menurunkan harga daging ini bisa meningkatkan penjualan," ujarnya.

Demikian juga, pedagang lain daging sapi, Saiful, yang menyatakan untuk mengurangi kerugian harus membatasi pemotongan sapi.

"Permintaan daging sapi masih belum ada peningkatan mengingat lemahnya daya beli masyarakat yang terlihat dari pengunjung pasar yang sangat sepi," ujarnya.

(KR-ARS/R014)

Pewarta: Aprionis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013