Pada tahun ini KY telah membuka tim penghubung di enam daerah, yakni Medan, Mataram, Makassar, Surabaya, Semarang dan Samarinda.
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Yudisial (KY) akan memberikan pelatihan terhadap 24 para petugas penghubung yang telah lolos seleksi pada akhir Juli 2013.

"Tujuan pelatihan adalah untuk menyiapkan petugas agar memiliki pengetahuan dan kemampuan, baik teknis maupun mental, yang dibutuhkan saat menjalankan tugasnya nanti, seperti penerimaan laporan dan pemantauan persidangan," kata Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar, di Jakarta, Jumat.

Asep mengungkapkan setelah mendapat pelatihan ini, ke-24 petugas penghubung ini akan dilantik pada Agustus mendatang di masing-masing daerahnya.

Pada tahun ini KY telah membuka tim penghubung di enam daerah, yakni Medan, Mataram, Makassar, Surabaya, Semarang dan Samarinda.

Pemilihan enam kota untuk dibuka tim penghubung ini didasarkan banyaknya jumlah laporan masyarakat yang masuk ke KY dan kompleksitas perkara di pengadilan setempat.

Tim penghubung ini terdiri dari satu koordinator dan tiga asisten koordinator pada masing-masing wilayah dan akan bertugas menerima laporan masyarakat, melakukan pemantauan persidangan, mengadakan sosialisasi kode etik, dan kelembagaan KY.

Dengan adanya tim penghubung di enam kota ini, KY mengharapkan fungsi pengawasan terhadap hakim akan berjalan lebih baik lagi serta memperbesar dan lebih mendekatkan akses publik terhadap KY.

(ANT)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013