Jakarta (ANTARA News)  - Acara nonton bareng film inspiratif yang digelar Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Kemendikbud, di Gedung Pemuda, Kabupaten Batanghari, Jambi, mendapat sambutan dari pelajar, guru dan masyarakat.

Sekitar 700 siswa SD  dan SMP setempat, 700 orang guru, dan 600 orang masyarakat umum menonton acara yang diselenggarakan pada Minggu tersebut, demikian keterangan tertulis panitia Persemaian Nilai Budaya sebagai Penguat Karakter Bangsa, Selasa.

Pada acara yang secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kacung Marijan, judul film yang diputar antara lain “9 SUMMER 10 AUTUMNS” (peserta guru), “CITA-CITAKU SETINGGI TANAH” (peserta siswa) dan “PENGEJAR ANGIN” (peserta umum).

Serangkaian kegiatan  mengisi acara ini, mulai dari pertunjukan seni tari, pemutaran video ilustrasi 18 Karakter Bangsa, dialog interaktif dan puncaknya adalah  Nonton Bareng Film Inspiratif.

Tujuannya kegiatan itu adalah untuk membangun karakter bangsa untuk semua lapisan masyarakat, khususnya bagi “Generasi Emas” yang dimiliki Indonesia.
Sebagaimana diketahui, Kemendikbud RI tengah menggalakan sosialisasi dan edukasi terkait pengembangan nilai budaya dan pendidikan karakter bangsa yang dituangkan dalam 18 Nilai Karakter Bangsa.

Sedangkan dialog interaktif menghadirkan beberapa pembicara mulai dari kalangan budayawan, insan film, artis hingga motivator anak, seperti Ketua Lembaga Sensor Film Muchlis PaEni, Duta Pendidikan Anak Usia Dini Dewi Hughes, Aktor Senior Alex Komang, Sutradara Film Eugene Panji, Artis Cilik Pemeran Utama Cita – citaku Setinggi Tanah M . Syihab , dan lainnya.

Kegiatan NONTON BARENG FILM INSPIRATIF 2013 ini rencananya akan digelar di 30 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Kota-kota yang dipilih adalah kota-kota yang tidak atau belum memiliki sarana gedung bioskop (theater), sehingga dapat memberi kesempatan bagi pelajar, guru, dan tenaga pendidik di daerah untuk menonton film berkualitas yang dapat menginspirasi dan merangsang mereka untuk berdiskusi mengenai nilai budaya yang terdapat dalam film tersebut.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013