Satu nelayan yang kritis itu bernama Kasmin (35), warga Desa Pasar Baru, kini dirawat di puskemas Kecamatan Ipuh,"
Mukomuko (Antara) - Satu perahu nelayan di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Kamis pagi karam di perairan laut wilayah itu sehingga mengakibatkan satu dari empat orang nelayan kritis.

"Satu nelayan yang kritis itu bernama Kasmin (35), warga Desa Pasar Baru, kini dirawat di puskemas Kecamatan Ipuh," kata Kepala Desa Pasarbaru, Kecamatan Ipuh, Surahmin, di Mukomuko, Kamis.

Sedangkan lanjutnya, kondisi tiga orang nelayan lainnya yakni Tijen (35), Rusdi (36), dan armin (34) hanya mengalami kelelahan saat lama berpegangan di pelampung ban dalam di perahunya.

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan dari nelayan yang selamat, perahu mereka terseret ombak saat akan berangkat melaut, namun dengan jarak 50 meter dari pinggir pantai datang ombak besar menghantam perahunnya.

Beruntung, kata dia, saat kejadian itu diketahui oleh nelayan lainnya sehingga dengat cepat memberikan bantuan dan satu nelayan yang kritis langsung dibawa ke puskesmas di Kecamatan Ipuh.

"Kasmin kritis diduga karena banyak terminum air laut, sehingga harus diberikan oksigen agar dapat bernafas," ujarnya.

Dengan kejadian perahu karam kesekian kalinya di daerah itu, ia berharap, agar nelayan lainnya tetap waspada, meskipun ketinggian laut ombak tidak terlalu besar.

"Nelayan ini adalah pekerjaannya sehari-hari untuk mencari nafkah, diharapkan meerka tetap waspada dan berhati-hati, karena ombak di pantai wilayah ini sangat ganas," ujarnya menyarankan.
(KR-FTO/T013)

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013