Jakarta (ANTARA News) - Bayern Munich mencetak kemenangan penting 3-1 atas penjamunya Arsenal pada leg pertama babak 16 Besar Liga Champions di Emirates Stadium, London.

Gol pertama Munich dicetak oleh Thomas Muller pada menit 7 babak pertama, lalu digandakan 13 menit kemudian oleh Toni Kross.

Meski menguasai 45 menit babak pertama dengan 51 persen penguasaan bola, Arsenal tidak lebih membahayakan lawannya.

Sebaliknya dengan 16 kali upaya mencetak gol dibandingkan 8 yang dipunyai Arsenal, Munich tampak lebih ofensif dalam mengancam Arsenal.

Memasuki babak kedua, Arsenal yang tetap dominan dalam penguasaan bola 57 persen, menguatkan harapannya setelah Lukas Podolski mencetak gol pada menit 55.

Namun harapan itu pupus, setelah Munich yang relatif lebih tertekan namun sangat efektif bermain, menambah lagi koleksi golnya pada menit 77.

Memanfaatkan tusukan Arjen Robben ke kotak penalti Arsenal, Philipp Lahm bergerak ke kanan untuk meneruskan bola lewat umpan silang yang kemudian dicontek Mario Mandzukic untuk kemudian memperdaya Wojciech Szczesny.  3-1 untuk Munich.

kedudukan 3-1 bertahan hingga babak kedua usai.  Jelas hasil ini melapangkan jalan Munich, sedangkan Arsenal kian berat melewati 16 Besar Liga Champions karena pada 13 Maret nanti mereka harus bertandang ke kandang Munich untuk menjalani leg kedua.

Arsenal terlihat lebih keras bermain dengan lima kartu kuning dikeluarkan wasit untuk lima pemainnya, sedangkan Munich hanya dua.

Pada arena lainnya di Portugal,  FC Porto mengungguli tamunya dari Spanyol, Malaga, dengan skor 1-0.  (*)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013