Jakarta (ANTARA News) - Forum Wartawan Otomotif (Forwot) menggelar kegiatan solidaritas dengan membagikan 1.000 masker secara gratis kepada para pengendara sepada motor di bundaran Hotel Indonesia di Jakarta, Kamis.

Ketua Umum Forwot Eri Haryoko mengatakan, pembagian stiker dan masker kepada pengguna jalan merupakan perhatian Forwot terhadap keselamatan berkendara, tidak hanya masalah keselamatan tapi juga kesehatan pengendara motor.

"Forwot peduli dengan kesehatan para pengendara motor yang rentan terhadap emisi gas buang yang amat berbahaya itu," katanya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Chrysnanda Dwilaksana mengatakan peran aktif masyarakat dalam memberikan pengetahuan dan pendidikan safety riding akan sangat bermanfaat.

"Peran aktif masyarakat sangat menjaga keselamatan pengendara di jalan raya," kata Chrysnanda.

Menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu, masker bagi pengendara motor merupakan salah satu alat untuk menjaga kesehatan pengendara motor.

Keselamatan berkendara tidak hanya diperoleh dengan tertib berlalulintas, tapi juga dengan menjaga aspek kesehatan yang baik.

"Masker dapat menyaring debu, gas atau partikel-partikel beracun lain yang bertebaran di udara seperti karbon monoksida, nitrogen dioksida, hidrokarbon, dan timbal," katanya.

(adm)
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013