... terbalik dan patah. Selain lima orang dipastikan tewas, 12 yang lain terluka... "
Kiev, Ukraina (ANTARA News) - Setidaknya lima orang tewas dalam kecelakaan pesawat udara berisi pendukung tim sepakbola tuan rumah ke laga Liga Champions, di Ukraina timur, Rabu malam waktu setempat. Pesawat terbang sipil itu mendarat melampaui landasan pacu (overshoot) dan terbalik, dan patah.

Pesawat turboprop sewaan bermesin ganda buatan Rusia itu, Antonov, membawa 45 orang dengan awak pesawat sewaan. Terbang dari kota pesisir Laut Hitam, Odessa, ke Donetsk, para pendukung tim tuan rumah, Shakhtar, semula akan menyaksikan kebolehan tim kesayangannya melawan kesebelasan top Jerman, Borussia Dortmund.

Untuk mengenang peristiwa memilukan itu, pada awal pertandingan Liga Champions di tempat lain, dilakukan mengheningkan cipta selama 60 detik. 

Kementerian Darurat Ukraina, dikutip Kantor Berita Interfax, mengatakan, pesawat itu overshoot di Bandara Donetsk, dalam cuaca berkabut sangat tebal.

Pesawat terbang itu terbalik dan patah. Selain lima orang dipastikan tewas, 12 yang lain terluka, kata kementerian tersebut.

Andriy Shyshatsky, Kepala Pemerintahan Daerah Donetsk, mengatakan, sebelumnya orang tewas kelima telah dikonfirmasi, dan mengatakan mayoritas penumpang telah diselamatkan.

"Satu orang terlihat dalam reruntuhan, tetapi kita belum tahu apakah ia masih hidup atau tewas. Kami sedang mencari satu orang lainnya," kata Shyshatsky kepada wartawan. Satu sumber bandara yang dikutip oleh Interfax mengatakan, seorang pramugari yang berada di belakang pesawat itu belum ditemukan.

Tidak ada penjelasan segera mengapa awak pesawat terbang itu mendarat darurat. Tetapi para korban selamat dari kecelakaan itu, dikutip Interfax, mengatakan terjadi kebakaran di dalam pesawat terbang namun cepat dikendalikan. Hal ini tidak segera dikonfirmasi para pejabat.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013