Tes penerbangan ini akan menjadi bagian penting dari upaya kami untuk memastikan keselamatan penumpang...
Washington (ANTARA News) - The Federal Aviation Administration Kamis malam menyetujui permintaan Boeing untuk melakukan uji penerbangan pesawat Dreamliner 787 sebagai bagian dari penyelidikan kebakaran baterai FAA itu.

"Sebagai bagian dari upaya kami untuk menentukan akar penyebab insiden lithium-ion baterai Boeing 787 baru-baru ini, FAA akan mengizinkan Boeing untuk melakukan tes penerbangan pesawat 787 untuk mengumpulkan data tambahan," kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan.

"Tes penerbangan ini akan menjadi bagian penting dari upaya kami untuk memastikan keselamatan penumpang dan kembalinya pesawat tersebut memberikan layanan," kata FAA seperti dikutip Reuters.

Boeing meminta izin FAA Senin lalu untuk melakukan uji penerbangan setelah secara global melakukan "grounding" 50 pesawat 787 dalam pelayanan pada pertengahan Januari lalu setelah insiden dua baterai terbakar.

Uji penerbangan, mengambil tempat di atas wilayah tak berpenghuni, dimaksudkan untuk mengumpulkan data tentang sistem baterai dan listrik sementara pesawat di udara.

Boeing mengatakan, dalam sebuah pernyataan terpisah, pihaknya akan "segera" melanjutkan aktivitas uji penerbangan 787.

"Sementara pekerjaan kami untuk menentukan penyebab insiden baterai baru-baru ini terus berkoordinasi dengan pihak berwenang yang tepat dan lembaga investigasi, kami yakin bahwa pesawat 787 adalah aman untuk melakukan uji penerbangan ini," katanya.

(S004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013