...setengahnya melalui dana dekonsentrasi.
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Sosial (Kemensos) menganggarkan Rp300 miliar untuk penanganan bencana alam di seluruh daerah pada 2013.

"Untuk 2013 anggaran penanganan bencana alam seluruhnya Rp300 miliar," kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial, Margo Wiyono, di Jakarta, Selasa.

Margo menambahkan, anggaran bencana tersebut sudah setengahnya melalui dana dekonsentrasi.

Namun untuk kesiap-siagaan atau tanggap darurat, Kementerian Sosial menganggarkan dana sekitar Rp4,5 miliar untuk setiap daerah bila diperlukan ketika bencana alam tersebut tidak mampu lagi ditangani daerah.

Margo mencontohkan misalnya untuk penanganan banjir di Jakarta, Kementerian Sosial menyalurkan Rp15 miliar.

"Untuk siap siaga setiap daerah kita anggarkan tidak jauh berbeda seperti DKI Jakarta yaitu sekitar Rp4,5 miliar," tambah Margo.

Sebelumnya Kementerian Sosial telah mendistribusikan bantuan stok penyangga (buffer stock) logistik senilai Rp4,5 miliar berupa makanan, sandang, perlengkapan keluarga, dan peralatan evakuasi.

Alokasi anggaran Kementerian Sosial pada 2013 mencapai Rp5,6 triliun, mengalami peningkatan sebesar 23,14 persen dibandingkan sebelumnya yaitu Rp4,5 triliun.

Anggaran tersebut sebagian besar disalurkan ke daerah melalui dana dekonsentrasi dan untuk program unggulan seperti Program Keluarga Harapan (PKH).
(D016)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013