Athena (ANTARA News) - Yunani menyambut Tahun Baru dengan harapan bisa keluar dari krisis utang parah yang telah mengakibatkan kesulitan bagi rakyat Yunani dalam tiga tahun belakangan.

Di tengah resesi dan penghematan menyakitkan, para pemimpin politik dan warga menyampaikan harapan bagi kembalinya pertumbuhan ekonomi dan masa depan yang lebih baik bagi Yunani di jalanan Athena serta di seluruh negeri tersebut.

Saat Philharmonic Band di Kota Athena dan kelompok musik lokal menyajikan lagu tradisional, para penonton berdoa dan menyampaikan harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Perayaan menyambut Tahun Baru di Athena berlangsung dengan anggaran terbatas karena krisis membelenggu Yunani dalam tiga tahun terakhir.

Namun Yunani menghadapi 2013 dengan tekad kuat untuk melanjutkan perjuangan guna menanggulangi masalah dan membangun kembali ekonomi negara yang sedang sakit kendati pesimisme masih tersebar luas.

"Saya merasa sangat yakin bahwa kami dapat mengubah situasi saat ini ... bahwa petualangan ini akan berakhir," kata Presiden Yunani Karolos Papoulias saat menyampaikan pesan Malam Tahun Baru.

"Tahun 2012 kita membuktikan bahwa skenario terburuk itu keliru dan 2013 kita akan melewati skenario terbaik," Perdana Menteri Yunani Antonis Samaras seperti dikutip Xinhua.

Ia mengakui Tahun Baru akan berat. Namun ia menyuarakan optimisme. Ia mengatakan, dengan persatuan rakyat Yunani akan bisa meninggalkan ancaman kerusuhan, memasuki kemungkinan keluar dari masalah, dan bergerak maju di jalur pemulihan serta kemakmuran lagi.

Dua tahun sudah pemotongan gaji dan pensiun, kenaikan pajak, serta babak baru tindakan penghematan berdasarkan kesepakatan dana talangan yang dicapai dengan pemberi kredit internasional berjalan.

Kini kebanyakan warga Yunani, menurut jajak pendapat, khawatir permusuhan di antara mereka masih jauh dari berakhir. Tapi mereka masih berharap.

(C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013