Ibu hamil yang alami rasa mual memiliki risiko keguguran yang rendah, karena produksi hormon progesteron untuk bakal bayi sangat banyak."
Jakarta (ANTARA News) - Rasa mual saat hamil dapat mengurangi risiko keguguran janin, kata dokter ahli obstetri dan ginekologi, dr. Febriansyah Darus, SpOG, pada jumpa pers di Jakarta, akhir pekan ini.

"Ibu hamil yang alami rasa mual memiliki risiko keguguran yang rendah, karena produksi hormon progesteron untuk bakal bayi sangat banyak," ujar Febriansyah.

Pada saat masa kehamilan, hormon ibu mengalami perubahan dan membuat otot-otot perut melemah sehingga kondisi perut lebih mudah menjadi asam dan menyebabkan rasa mual.

"Hormon progesteron adalah salah satu hormon yang mengalami perubahan, karena jumlah produksinya meningkat, namun ini menyebabkan janin menjadi kuat," papar Febriansyah.

Lebih lanjut Febriansyah mengatakan bahwa rasa mual pada ibu hamil adalah hal yang alami dan tidak perlu ditakuti.

"Untuk mengatasinya, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dalam jumlah sedikit tetapi sering, sehingga nutrisi untuk ibu tetap terpenuhi," jelas Febriansyah.

Ibu hamil yang enggan mengkonsumsi makanan karena rasa mual, tidak akan mendapat asupan nutrisi padahal janin akan terus menarik nutrisi dari tubuh ibu, imbuh Febriansyah.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012