Surabaya (ANTARA) - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menambah daya tampung bagi mahasiswa baru untuk program sarjana dan sekolah vokasi atau sarjana terapan tahun 2023.

"Dari 6.300 menjadi 6.700 kursi untuk sarjana, sedangkan untuk Sekolah Vokasi atau sarjana terapan akan dibuka penerimaan juga melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yakni sebanyak 3.000 kursi," kata Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih saat membuka Airlangga Education Expo (AEE) 2023 di kampus setempat, Jumat.

Prof. Nasih menjelaskan kegiatan AEE digelar untuk memberikan informasi terkait semua persyaratan dan penerimaan mahasiswa baru.

"Kegiatan ini juga sebagai tanggung jawab kami kepada masyarakat. Kami memperlihatkan akuntabilitas dan transparansi mengenai proses penerimaan mahasiswa baru sejelas-jelasnya dan seluas-luasnya kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Doktor Unair temukan vaksin COVID-19 halal berbasis dendritik

Baca juga: Unair paparkan ketentuan SNBP dan SNBT tahun 2023


Berbagai bilik dari fakultas dan unit pendukung telah tersedia di dalam gedung Airlangga Convention Center (ACC) untuk memberikan berbagai fasilitas informasi program studi di Unair. AEE akan berlangsung mulai 3 - 5 Februari 2023, dan disiarkan langsung melalui YouTube Universitas Airlangga.

Tak hanya itu, AEE 2023 juga menghadirkan berbagai talkshow untuk memperdalam pengetahuan peserta tentang Unair, baik tentang beasiswa hingga program-program internasional yang dapat diikuti saat menjadi Ksatria Airlangga.

Selain melalui jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), seleksi golden ticket untuk siswa berprestasi juga akan diumumkan lebih lanjut pada kegiatan AEE 2023. Jumlah kuota golden ticket mungkin bertambah, dikondisikan dengan prestasi-prestasi yang dimiliki oleh para pendaftar.

"Kami membuka peluang sebesar-besarnya bagi siswa di seluruh Indonesia yang memiliki prestasi luar biasa untuk mendaftar dan mendapatkan golden ticket," ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Mahasiswa, dan Alumni Unair, Prof. Bambang Sektiari Lukiswanto menyambut para calon mahasiswa baru (camaba) untuk bergabung menjadi ksatria Airlangga.

"Kami berharap kesempatan ini dapat mengenalkan lebih jauh mengenai bidang apa yang adik-adik minati, karena di Unair terdapat banyak sekali bidang yang dapat didalami. Semoga selama tiga hari, baik yang datang luring maupun daring, dapat memanfaatkan sebaik-baiknya informasi untuk memantapkan prodi mana yang dipilih untuk bergabung menjadi Ksatria Airlangga," kata dia.*

Baca juga: Pakar: Perpanjangan masa jabatan kepala desa tak cerminkan demokrasi

Baca juga: Unair beri informasi penerimaan mahasiswa baru lewat "AEE""


Pewarta: Willi Irawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023