mogok sekitar pukul 10.30 WIB dan baru bisa didorong ke Stasiun Tulungagung sekitar pukul 11.54 WIB
Kabupaten Tulungagung, Jawa Ti (ANTARA) - Rangkaian KA Kertanegara tujuan Malang-Purwokerto mengalami mogok tepat di perlintasan kereta api tengah Kota Tulungagung, Jawa Timur, Rabu, menyebabkan kemacetan lalu lintas serta tertundanya sejumlah jadwal perjalanan KA lain.

Gangguan terjadi saat KA Kertanegara dari arah Malang hendak masuk Stasiun Tulungagung dan tiba-tiba mesin lokomotif mati total tepat di perlintasan kereta di Jalan Ahmad Yani Timur, Kota Tulungagung.

Rangkaian kereta berhenti melintang selatan dan utara, sehingga menghalangi arus lalu lintas dari arah timur dan barat.

Imbasnya, arus lalu-lintas di jalur menuju tengah kota itu terganggu. Pihak PT KAI harus mendatangkan lokomotif KA Panataran di Stasiun Sumbergempol untuk mengevakuasi rangkaian gerbong KA Kertanegara menuju Stasiun Tulungagung.

"Kereta mogok sekitar pukul 10.30 WIB dan baru bisa didorong ke Stasiun Tulungagung sekitar pukul 11.54 WIB," kata Kepala Stasiun Kabupaten Tulungagung Sudaryoto.

Baca juga: Belasan CPNS Kabupaten Tegal terlambat ujian gara-gara kereta mogok
Baca juga: KA Bandara mogok dua kali dalam uji coba

Selain sebabkan pengalihan arus lalu lintas, kejadian ini juga berimbas pada terganggunya perjalanan sejumlah kereta api.

Lantaran alami keterlambatan lebih dari satu jam, pihaknya memberi kompensasi pada penumpang KA berupa makanan ringan dan air mineral,

Pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab matinya lokomotif Kertanegara tersebut. 

Baca juga: Truk mogok di perlintasan KA Citeras-Rangkasbitung penumpang menumpuk

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022