barang kita bawa dari Garut hasil produksi sendiri
Tangerang (ANTARA) - Penjual bendera merah putih dan pernak-pernik perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-77 di Kabupaten Tangerang, Banten mampu meraup keuntungan sebesar Rp5 juta dalam sehari.

Asep, salah satu penjual pernak-pernik perayaan HUT RI asal Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengaku, bahwa dalam sehari dirinya bisa mendapat keuntungan mencapai Rp2 juta sampai Rp5 juta.

"Kalau sehari dapat Rp2 juta, tapi kalau lagi ramai bisa sampai Rp5 juta dari jualan bendera dan umbul-umbul HUT RI," ucap Asep kepada ANTARA di Tangerang, Minggu.

Ia mengatakan, jika dari beberapa hasil penjualannya saat ini banyak yang pesan dari masyarakat hingga instansi perkantoran seperti kelurahan, kecamatan hingga kantor dinas pemerintahan.

"Selain pembeli yang datang langsung ke lapak, kita juga menerima pesanan dari kantor kelurahan, kecamatan sampai dinas-dinas," katanya.

Baca juga: Penjual bendera di Batam meraup omzet hingga Rp1 juta per hari
Baca juga: Omzet penjual bendera dan umbul-umbul ini bisa capai Rp4 juta sehari

Adapun dari beberapa jenis bendera dan pernak-pernik yang dijual oleh Asep di antaranya yaitu bendera untuk rumah dan kendaraan, bandir, umbul-umbul, dan hiasan latar belakang (background).

Setiap jenis pernak-pernik perayaan HUT RI yang dijualnya tersebut memiliki berbagai macam harga,  mulai dari terendah Rp5 ribu seperti aksesoris, hingga Rp400 ribu seperti jenis background.

"Dan yang paling ramai laku dibeli itu jenis umbul-umbul, bisa laku satu kodi dalam semusim. Semua barang kita bawa dari Garut hasil produksi sendiri," ujarnya.

Ia menyebutkan, selama 12 tahun berjualan pernak-pernik bendera merah putih di wilayah Kabupaten Tangerang, dirinya bisa meraup omzet hingga Rp50 juta per musim.

"Di tahun 2021 kemarin saja kita dalam se-musim itu omzet sampai Rp50 juta, tapi kalau untuk tahun ini sampai Rp40 juta karena ada penurunan pembeli dari masyarakat," kata dia.

Baca juga: Memberi asa di balik lambaian bendera jelang hari Kemerdekaan

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022