dihimpun dari berbagai sumbangan masyarakat termasuk gaji dari seluruh ASN
Nagan Raya (ANTARA) - Kepala Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh HM Kasem Ibrahim mengatakan pihaknya sejak tahun 2018 lalu, telah membangun sebanyak 198 unit rumah bagi masyarakat miskin atau kurang mampu bersumber dari dana sumbangan masyarakat.

“Rumah yang kita bangun ini merupakan rumah yang layak huni,” kata HM Kasem Ibrahim di Nagan Raya dalam keterangan tertulis diterima di Meulaboh, Ahad.

Untuk tahun ini, pihaknya juga menargetkan membangun sebanyak 42 unit rumah bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Nagan Raya.

"Yang dibangun tersebut yaitu tipe 36 plus dan sumber dana dari pembangunan ini dihimpun dari berbagai sumbangan masyarakat termasuk gaji dari seluruh ASN di Kabupaten Nagan Raya setiap bulannya," katanya.

Baca juga: Kemensos kirim tim ke Aceh Timur verifikasi rumah tidak layak huni
Baca juga: Unsyiah bangun rumah layak huni untuk keluarga kurang mampu

Selain itu, ia menjelaskan, dana pembangunan rumah tersebut juga dikumpulkan melalui sumbangan pihak rekanan di Kabupaten Nagan Raya sebesar 0,5 persen dari setiap pekerjaan yang diperoleh dari pemerintah daerah.

Selain itu, sumber dana ini juga didapatkan dari Kapolres Nagan Raya yang setiap bulannya terkumpul zakat lebih kurang Rp38 juta dan setiap tahun terkumpul hingga Rp400 juta yang juga diberikan kepada Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, serta dari Kemenag Nagan Raya.

Pihaknya berharap dengan bantuan tersebut, nantinya dapat mensejahterakan masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan bantuan rumah yang layak huni dan sehat.

Baca juga: Banda Aceh programkan semua warga kota tinggal di rumah layak huni

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022