Mereka bisa mencoba bis kuning, melihat langsung fakultasnya masing-masing, mendatangi perpustakaan, dan melihat dari dekat bagaimana suasana kampus tempat mereka menimba ilmu selama beberapa tahun ke depan
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) bersiap menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalui serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara hybrid di Balairung, Kampus UI Depok.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Dra. Amelita Lusia di kampus UI Depok, Jawa Barat, Senin mengatakan UI siap menyambut mahasiswa baru (maba) dengan memperkenalkan atmosfer kampus.

"Mereka bisa mencoba bis kuning, melihat langsung fakultasnya masing-masing, mendatangi perpustakaan, dan melihat dari dekat bagaimana suasana kampus tempat mereka menimba ilmu selama beberapa tahun ke depan," katanya.

"Ini merupakan pengenalan awal sebelum nanti mereka kuliah tatap muka pada akhir Agustus 2022," tambahnya.

Amelita menjelaskan bahwa PKKMB akan dilaksanakan hybrid, yaitu sebanyak 50 persen mahasiswa baru hadir secara luring dan sisanya menyaksikan secara sinkronus dari rumah.

"Jadwal kehadiran luring dan daring para maba tersebut bergantian setiap hari. Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyambut generasi muda penerus bangsa ini. Antarunit di lingkungan UI bersinergi melakukan uji coba hingga pengecekan kembali agar kegiatan ini berjalan aman dan lancar, serta memperhatikan protokol kesehatan pecegahan penyebaran Covid-19," katanya.

PKKMB dilaksanakan selama empat hari (8-11 Agustus 2022) dengan mengusung tema “Mahasiswa UI Satu Karena Beda”. Pemilihan tema tersebut karena menilai kegiatan PPKMB merupakan proses pembangunan karakter berkesinambungan para generasi muda.

Melalui penerimaan atas perbedaan, diharapkan mahasiswa UI saling mengenal, bersatu, dan berkolaborasi untuk mencapai prestasi terbaik di bidang akademik riset, pengabdian masyarakat, dan kemahasiswaan.

Rangkaian PKKMB akan terdiri atas orasi ilmiah dan pembekalan dari tokoh nasional dan pimpinan UI, Orientasi Kehidupan Kampus (OKK), Display Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Upacara Kemerdekaan 17 Agustus, Pengenalan Sistem Akademik Universitas dan Fakultas, Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM), pameran karya UMKM dan workshop membatik, ditutup dengan Gelar Budaya. Para mahasiswa baru ini akan memulai perkuliahan pada 29 Agustus 2022, demikian Amelita Lusia.

Baca juga: 5.299 calon mahasiswa diterima UI dari jalur SIMAK

Baca juga: 1.707 mahasiswa baru diterima UI lewat SBMPTN 2022

Baca juga: Mahasiswa baru UI 2021 dapat kuliah umum peraih Nobel bidang fisika

Baca juga: UI sambut kegiatan mahasiswa baru

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022