Jakarta (ANTARA) - Pengamat Kepolisian Irjen Pol (Purn) Sisno Adiwinoto mengatakan bahwa Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara merupakan momentum yang tepat bagi seluruh jajaran Polri untuk mengingat kembali dan melaksanakan amanat Presiden Joko Widodo.

“Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022 merupakan momentum yang sangat tepat bagi semua jajaran dan anggota Polri untuk bersatu dan bertekad melaksanakan amanat Presiden Jokowi,” kata Sisno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Sisno menyebutkan sejumlah poin amanat presiden, pertama adalah Presiden dan seluruh rakyat menaruh harapan besar kepada Polri untuk melayani dan membela bangsa.

Baca juga: Presiden minta Polri bekerja hati-hati hindari ketidakpercayaan rakyat

Kemudian, Presiden yang mengamanatkan kepada Polri untuk menembus sampai ke tingkat desa, dan setiap hari anggota Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Di mana pun anggota Polri bertugas, Saudara selalu dalam pengamatan rakyat, Saudara selalu dalam penilaian rakyat. Rakyat menilai apakah perilaku Polri sesuai dengan harapan rakyat,” tutur Sisno ketika mengutip Presiden Jokowi.

Sisno menyebutkan pentingnya Polri untuk bekerja dengan hati-hati dan presisi karena setiap kecerobohan di lapangan, sekecil apa pun akan merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

Baca juga: Presiden Jokowi: Keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan rakyat
Baca juga: Presiden anugerahkan Bintang Bhayangkara Nararya kepada tiga polisi


“Banyak agenda nasional lain yang harus didukung Polri. Pertama, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Kedua, agenda G20, dan ketiga adalah agenda besar demokrasi Pileg (Pemilihan Umum Legislatif), Pilpres (Pemilihan Umum Presiden), dan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak 2022,” ucapnya.

Sisno mengatakan bahwa Upacara Peringatan Hari Bhayangkara baru diselenggarakan pada tanggal 5 Juli 2022, padahal Hari Bhayangkara jatuh pada tanggal 1 Juli 2022. Penundaan tersebut disebabkan Presiden RI Joko Widodo baru kembali dari kunjungannya ke Eropa dan Timur Tengah.

Kunjungan tersebut merupakan wujud kontribusi Indonesia untuk menciptakan perdamaian dunia sesuai amanat konstitusi Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Pada hari ini, Selasa, 5 Juli 2022, Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-76 di Akademi Kepolisian Semarang,” kata Sisno.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022