Cannes, Perancis (ANTARA News) - Presiden Perancis Nicolas Sarkozy akan memaparkan perkembangan penanganan krisis Eropa khususnya terkait rencana bantuan keuangan ke Yunani saat sesi pertama dalam KTT G-20 yang akan dibuka pada Rabu (3/11) siang waktu setempat atau Rabu petang waktu Indonesia.

Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar yang bertindak sebagai "Sherpa" atau penghubung atau mewakili Indonesia dalam persiapan KTT G-20 dalam keterangan pers bersama sejumlah menteri di Cannes, Selasa (2/11) malam waktu setempat atau Rabu (3/11) pukul 03:30 WIB.

"Diharapkan besok pada sesi pertama, Presiden Sarkozy akan berikan briefing perkembangan dan langkah penyelesaian yang sudah diambil dan kita akan melihat bagaimana respons pimpinan negara anggota G-20 termasuk Indonesia," kata Mahendra.

Ia menjelaskan di Euro Zone pekan lalu dicapai kesepakatan yang penting diantara negara anggota Uni Eropa untuk menyelesaikan masalah keuangan di Eropa. Awal-awal pekan ini, katanya, sebelum berlangsungnya KTT G-20 penyelesaian tersebut masuk ke tahap operasionalisasi namun pada dua hari terakhir muncul pengumuman dari pemerintah Yunani akan melakukan referendum di dalam negeri untuk memutuskan apakah menerima paket bantuan yang ditawarkan.

"Presiden Yudhoyono menginginkan Indonesia menyuarakan kepentingan nasional dan juga kepentingan kawasan (Asia atau ASEAN-red)," katanya.

Pembukaan pertemuan tingkat tinggi G-20 sendiri akan dimulai pada Kamis (3/11) pukul 12:30 waktu setempat dengan acara penyambutan kepala negara tamu oleh tuan rumah Presiden Perancis Nicolas Sarkozy.

Dikutip dari AFP, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, Kanselir Jerman Angela Merkel dan pejabat utama Uni Eropa menghadapi Perdana Menteri Yunani George Papandreou, pada pembicaraa krisis menjelang pertemuan puncak (KTT) G20.

Para pemimpin zona euro geram atas rencana Papandreou menyelenggarakan referendum mengenai kesepakatan pemangkasan utang pemerintah. Eropa meminta jawaban Papandreou dengan lebih rinci di Cannes menjelang KTT G-20.

Papandreou sediri tiba di tempat KTT, Palais des Festivals, di kota resor Prancis, dan bertemu para pemimpin di sebuah makan malam yang menegangkan -- makan malam kedua Sarkozy setelah makan malam dengan Presiden China, Hu Jintao.
(P008)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011