Jakarta (ANTARA News) - Civitas akademika Universitas Trisakti (Usakti) kehilangan salah satu Guru Besar Hukum Agraria, Prof. Boedi Harsono (89) yang meninggal dunia Selasa (18/10) sekitar pukul 14.15 WIB.

Berdasarkan keterangan pers Usakti di Jakarta, menyebutkan jenazah Boedi akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan sekitar pukul 13.30 WIB.

Jenazah pria kelahiran 3 Mei 1922 di Berbek, Nganjuk, Jawa Timur tersebut, akan diberangkat dari Kampus Usakti, Grogol, Jakarta Barat.

Guru Besar Hukum Agraria Usakti tersebut, sempat menjabat Kepala Direktorat Hukum Kementerian Dalam Negeri RI, serta Koordinator Hukum dan Agraria Kompartemen Pertanian dan Agraria RI.

Selain itu, Boedi juga merupakan pengagas kuliah Hukum Agraria sebagai mata kuliah baru pada Fakultas Hukum di Indonesia.

Sementara itu, almarhum juga membuat beberapa karya buku, antara lain Hukum Agraria Indonesia (Himpunan Peraturan Hukum Tanah), Hukum Agraria Indonesia (Sejarah Pembentukan Undang-Undang Pokok Agraria, Isi dan Pelaksanaannya) dan "The Development of the Indonesian Land Law from Adat Law to Modern Times".

Bahkan Boedi pernah mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa dari Presiden Republik Indonesia.
(T014/K005)

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011