Jayapura (ANTARA News) - Umat Muslim Warga kota Jayapura dan sekitarnya, khususnya yang bermukim di wilayah Abepura, mulai memenuhi lapangan milik Brimobda Papua, di Kotaraja, untuk melakukan Shalat Idul Fitri 1432 Hijriyah.

Koresponden ANTARA di Jayapura melaporkan Rabu pagi ratusan warga tampak mulai berdatangan memasuki lapangan yang tepat berada di pinggir jalan utama tersebut.

Sementara itu petugas keamanan dari kepolisian dan organisasi masyarakat sipil tampak mengatur jamaah yang akan memasuki lapangan.

Kaum wanita diarahkan masuk melalui pintu depan gapura lapangan, sedangkan yang lelaki diarahkan masuk melewati gerbang samping, katanya.

Tampak pula aparat kepolisian terlihat menjaga lalulintas agar tidak terjadi kemacetan, dan mengatur umat memarkirkan kendaraan mereka.

Yongki, salah satu petugas keamanan dari ormas sipil, mengatakan, pihaknya sejak Subuh sudah berada di lapangan, guna mengatur jalannya kegiatan dengan aman.

"Yang laki-laki dan wanita, memang kami arahkan masuk lewat gapuran berbeda, agar memudahkan umat," ujarnya.

Shalat Idul Fitri 1432 Hijriyah di lapangan Brimod daerah Kotaraja itu dipimpin Imam Kyai Haji Hasan Basri Umar dan Khatib Drs. Umar Bauw Al Bintuni.

Hingga berita ini ditulis, masyarakat kota Jayapura masih berdatangan menuju lapangan Brimobda Kotaraja.

Selain di lapangan Brimob Kotaraja, Shalad Id di kota Jayapura juga dipusatkan di beberapa titik, antara lain di lapangan PTC Jayapura dan Lapangan Denzipur Waena.

Sementara itu situasi kamtibmas di kota tersebut sangat kondusif.

(KR-MBK/C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011