Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Panitia pelaksana Olimpiade Musim Dingin Beijing menemukan 72 kasus COVID-19 di antara 2.586 orang yang terlibat dalam pesta olahraga itu dan masuk ke China pada 4-22 Januari. Tak satu pun dari 171 atlet dan ofisial yang tiba pada periode itu terinfeksi virus corona.

* Pemerintah kota Beijing memberlakukan aturan baru untuk menekan wabah COVID-19 ketika ibu kota China itu terus mencatat kasus lokal baru kurang dari dua pekan sebelum menggelar Olimpiade Musim Dingin.

* Australia kembali mencatat kenaikan angka kematian akibat COVID-19 pada Senin ketika wabah varian Omicron memuncak. Pihak berwenang memperingatkan kematian bisa bertambah banyak saat sekolah kembali dibuka pekan depan setelah liburan akhir tahun.

Baca juga: Brazil catat 135.080 kasus baru COVID saat Omicron merajalela

* India melaporkan lebih dari 300.000 kasus baru selama empat hari berturut-turut meskipun jumlah kasus dalam 24 jam terakhir sedikit lebih rendah daripada sehari sebelumnya, menurut data pemerintah, Minggu.

* Selandia Baru akan menerapkan aturan pemakaian masker dan batasan kerumunan orang mulai tengah malam pada Minggu setelah klaster dari sembilan kasus varian Omicron menunjukkan adanya penularan lokal dari pulau-pulau Utara sampai Selatan.

* Hong Kong pada Selasa akan mengambil langkah-langkah untuk memangkas jumlah pegawai negeri yang bekerja di kantor ketika kota itu mencatat sejumlah kasus COVID-19 jelang liburan Tahun Baru Imlek.

* Otoritas Hong Kong mengatakan seekor hamster yang diserahkan kepada mereka oleh pemiliknya terbukti positif COVID-19. Mereka juga mengatakan bahwa lebih dari 2.200 hamster akan dimusnahkan.

Baca juga: Virus corona di benua Amerika menyebar lebih aktif

Timur Tengah dan Afrika

* Dosis keempat vaksin COVID-19 yang diberikan kepada orang-orang berusia 60 tahun ke atas di Israel membuat mereka tiga kali lebih kebal terhadap penyakit serius ketimbang orang-orang yang menerima dosis ketiga atau penguat (booster) pada kelompok usia yang sama, kata Kementerian Kesehatan Israel.

Amerika

* Brazil mencatat 135.080 kasus baru dan 296 kematian dalam 24 jam terakhir, kata kementerian kesehatan setempat, saat negara itu dilanda wabah Omicron.

Eropa

* Puluhan ribu orang memprotes pembatasan COVID-19 di Brussel, Belgia, beberapa di antaranya bentrok dengan polisi yang menembakkan meriam air dan gas air mata untuk membubarkan mereka yang beraksi di dekat markas Komisi Eropa.

* Rusia pada Minggu melaporkan rekor kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir ketika Omicron menyebar ke seluruh negeri, kata satuan tugas COVID-19 pemerintah.

Perkembangan Medis

* Presiden direktur Pfizer Albert Bourla mengatakan dalam perang melawan pandemi, satu dosis vaksin COVID-19 tahunan akan lebih disukai daripada dosis penguat yang disuntikkan berkali-kali.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pakar AS yakin kasus Omicron akan memuncak pada Februari

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022