Kita akan menindaklanjuti secara teknis melalui Dispora ataupun KONI masing-masing
Makassar (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah serius menjajaki peluang menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII pada 2028.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Jumat, mengatakan, sengaja melakukan pertemuan hari ini untuk mempertajam rencana tersebut.

"Ini penjajakan untuk menjadi tuan rumah bersama. Kita akan menindaklanjuti secara teknis melalui Dispora ataupun KONI masing-masing," katanya usai pertemuan dengan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel.

Baca juga: KONI Gorontalo dan Sulteng matangkan pengajuan tuan rumah PON
Baca juga: NTT-NTB sepakat ajukan diri jadi tuan rumah PON XXII 2028


Ia menjelaskan, pembicaraan hari ini selanjutnya akan ditindaklanjuti untuk menyusun langkah-langkah strategis ke depan.

Sementara Rusdy Mastura, mengatakan ingin mengikuti PON Sumut dan Aceh yang menjadi penyelenggara pada 2024 mendatang.

"Jadi begitupun keinginan kita dan Sulsel untuk menjadi tuan rumah bersama," jelasnya.

Ia mengaku ingin belajar dari Sulsel yang sudah punya pengalaman menjadi tuan rumah PON IV. Begitupun halnya seperti Aceh juga belajar ke Sumatera Utara yang sukses menggelar PON III.

"Sulsel juga punya pengalaman sebagai tuan rumah di PON IV. Makanya kami ingin kembalikan ke Sulsel dan Sulteng bisa ikut sebagai tuan rumah bersama," katanya menguraikan.

"Jadi dalam pertemuan hari ini fokus dalam penguatan komitmen bersama untuk mewujudkan rencana tuan rumah bersama PON 2028," lanjut dia.

Baca juga: Gubernur ingin NTT jadi tuan rumah PON 2028
Baca juga: Plt Gubernur: Sulsel serius tuan rumah PON 2028

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022