Temanggung (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah kembali menggelar vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dan masyarakat umum secara massal di 13 kabupaten dengan target 19.000 peserta.

Kepala Binda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto di Temanggung, Kamis, menyebutkan daerah yang menjadi sasaran vaksinasi meliputi Kabupaten Temanggung, Purworejo, Magelang, Pati, Rembang, Pekalongan, Batang, Tegal, Brebes, Boyolali, Sukoharjo, Banyumas, dan Banjarnegara.

Baca juga: Pemkab Temanggung ajukan tambahan vaksin 220 ribu dosis

Baca juga: Pemkab Temanggung ajukan tambahan 120 ribu vaksin COVID-19


Vaksinasi anak di Kabupaten Temanggung dilaksanakan di Taman Bambu Runcing Parakan dengan target 2.000 anak.

Ia menyampaikan Binda Jateng mendirikan 18 sentra vaksinasi di 13 kabupaten. Pelaksanaan vaksinasi anak berlangsung di Kabupaten Temanggung, Rembang, Pekalongan, Brebes, Boyolali, Batang, Tegal, Pati, dan Kabupaten Banjarnegara.

"Kemudian pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah di Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Magelang. Di Kabupaten Sukoharjo dan Pati, selain melaksanakan vaksinasi anak, kami juga melakukan vaksinasi booster (penguat)," katanya.

Ia menuturkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun sangat diperlukan mengingat anak juga rentan tertular COVID-19. Dukungan orang tua dan seluruh pihak seperti guru sangat diperlukan untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi anak.

Baca juga: Tekan laju COVID-19, Pemkab Temanggung razia orang kondangan

"Kami berharap orang tua siswa semakin memahami pentingnya vaksinasi untuk anak mereka di tengah pandemi saat ini. Guna menarik minta anak-anak mengikuti vaksinasi, dalam beberapa kesempatan kami mengajak anak-anak bermain, sehingga anak-anak tidak takut divaksin," katanya.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq menyampaikan anak-anak dari sejumlah sekolah dengan antusiasme mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan BIN di Taman Bambu Runcing ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada BIN yang ikut membantu Pemkab Temanggung dalam percepatan vaksinasi, sehingga BIN peduli dalam menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dari pandemi COVID-19," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022