Selain Lanal Tolitoli, dalam upaya membantu pemerintah menanggulangi penyebaran COVID-19, jajaran lainnya juga melaksanakan Serbuan Vaksinasi Maritim di wilayah kerja masing-masing
Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli yang merupakan salah satu jajaran Lantamal VIII Manado, melaksanakan "Serbuan Vaksinasi Maritim" di Lapangan Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan, Kelurahan Panasakan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Jumat.

"Pada kegiatan itu berhasil memberikan vaksin kepada 64 orang, di antaranya 40 orang menerima dosis pertama dan 24 orang menerima dosis kedua menggunakan vaksin jenis Pfizer," kata Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, di Manado, Jumat.

Ia mengatakan selain Lanal Tolitoli, dalam upaya membantu pemerintah menanggulangi penyebaran COVID-19, jajaran lainnya juga melaksanakan Serbuan Vaksinasi Maritim di wilayah kerja masing-masing.

Seperti Lanal Gorontalo yang menggelar serbuan vaksinasi COVID-19 di Serambi Masjid Al-Ikhlas, Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.

Dari kegiatan tersebut berhasil memberikan vaksin kepada 79 orang terdiri 17 orang menerima dosis pertama dan 62 orang menerima dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac, Pfizer dan Moderna.

Demikian juga dengan Lanal Melonguane yang menggelar serbuan vaksinasi di Kantor Desa Rainis Batupengah, Kecamatan Rainis, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pada kegiatan itu memberikan vaksin kepada 20 orang, terdiri delapan orang menerima dosis pertama dan 12 orang dosis kedua menggunakan vaksin Sinovac.

Selain itu vaksinasi rutin juga dilaksanakan Dinas Kesehatan Lantamal VIII yang telah memberikan vaksin kepada 18 orang, terdiri sepuluh orang menerima dosis pertama dan delapan orang dosis kedua dengan vaksin jenis Sinovac.

Begitu juga dengan Rumah Sakit TNI AL dr. Wahyu Slamet Bitung telah memberikan vaksin kepada 18 orang di antaranya tiga orang menerima dosis pertama, empat orang dosis kedua dan sebelas orang menerima dosis ketiga dengan jenis vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Moderna.

Sedangkan Lanal Tahuna bertempat di Balai Kesehatan Lanal memberikan vaksin Sinovac kepada 12 orang.

"Kegiatan ini guna memutus penyebaran COVID-19 sekaligus juga membantu pemerintah daerah dalam proses percepatan vaksinasi," katanya

Selama proses pelaksanaan serbuan vaksinasi maritim yang dilaksanakan Lantamal VIII dan jajaran selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan sampai akhir pelaksanaan tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI), demikian I Wayan Ariwijaya.

Baca juga: "Serbuan Vaksinasi Maritim" digelar Lanal di lingkup Lantamal VIII

Baca juga: Lantamal VIII rutin laksanakan vaksinasi COVID-19

Baca juga: Lantamal VIII gelar vaksinasi dosis kedua masyarakat maritim di Bitung

Baca juga: TNI AL vaskinasi COVID-19 masyarakat maritim di Minahasa Utara

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022