Saya kira ini hubungan yang sangat harmonis yang perlu terus kita jalin. Tentunya kita sama-sama ingin juga maju bersama
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor Ade Yasin mengaku terus merajut keharmonisan dengan media massa demi memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Bogor, Jawa Barat melalui berita-berita yang disiarkan.

"Saya kira ini hubungan yang sangat harmonis yang perlu terus kita jalin. Tentunya kita sama-sama ingin juga maju bersama," ungkapnya saat hadir dalam peresmian Gedung Tribunnews di Bogor, Kamis.

Ade Yasin yang juga menjadi narasumber dalam webinar Tribunnews bertajuk "Pesona Wisata Bogor Pasca-pandemi", menyebutkan bahwa tahun ini diharapkan angka kunjungan wisata Kabupaten Bogor meningkat setelah turun drastis akibat pandemi COVID-19.

"Tahun 2021 angka wisata kita turun jadi enam juta kunjungan, meski tetap di atas target yang ditetapkan, lima juta kunjungan," terangnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kunjungan wisata Kabupaten Bogor terus mengalami peningkatan sejak 2017 yaitu 7,3 juta kunjungan, kemudian 2018 sebanyak 7,5 juta kunjungan, dan 2019 sebanyak 9,4 juta kunjungan.

Sementara, Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor, Gus Udin menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus berupaya untuk memajukan sektor pariwisata, salah satunya dengan memperbanyak desa wisata melalui program Karsa Bogor Maju.

Menurut dia, jumlah desa wisata yang semula ada 25 desa pada 2019, kemudian bertambah jadi 35 desa wisata pada 2020, dan menjadi 40 desa wisata pada 2021.

"Kabupaten Bogor memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional, antara lain: Stadion Pakansari Cibinong, Sirkuit Internasional Sentul, Arena Paralayang Puncak, 11 Lapangan Golf berstandar Internasional dan fasilitas lainnya sehingga pada tahun 2019 Sport and Tourism menjadi tagline Pemkab Bogor," kata Gus Udin.

Pria bernama asli Saepudin Muhtar itu menyebutkan bahwa tagline Sport and Tourism merupakan langkah Pemkab Bogor untuk meningkatkan prestasi olahraga dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dengan mengoptimalkan potensi olahraga dan
sektor pariwisata.

"Program ini dilakukan dengan mengembangkan mengembangkan sarana olahraga, menambah fasilitas olahraga di tempat umum, membangun replika Cabang Olahraga sebagai identitas kota, menyelenggarakan event-event pendukung pariwisata," kata Gus Udin.

Baca juga: Disparbud Kota Bogor catat lima tempat favorit untuk liburan

Baca juga: DPRD dorong wisata di Kabupaten Bogor Barat jadi alternatif Puncak

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022