Ambon (ANTARA) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama delapan jenderal yang mendampinginya tiba di Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Kamis sore untuk melaksanakan sejumlah agenda kegiatan, di antaranya peninjauan vaksinasi anak.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Roem Ohoirat, mengatakan Kapolri datang ke Ambon di antaranya didampingi Kadiv Humas Polri, Kadiv Propam Polri, Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri.

Orang nomor 1 Polri itu tiba dengan menggunakan pesawat Batik Air ID-8296 di Bandara Pattimura, Kota Ambon, pukul 18.10 WIT. Ia bersama rombongan terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Baca juga: Kapolri: Percepatan vaksinasi anak jaga generasi penerus bangsa

Roem Ohoirat mengatakan Kapolri dan rombongan akan bermalam di Ambon dan kegiatan-kegiatan baru akan dilaksanakan pada Jumat besok (14/1).

Kapolri dijadwalkan akan memberikan pengarahan kepada jajaran Polda Maluku, meninjau pembelajaran tatap muka dan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di Lapangan Merdeka Ambon.

"Besok Bapak Kapolri akan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal khusus anak yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon," kata Roem.

Baca juga: Cegah Omicron, Kapolri minta percepatan vaksinasi COVID-19

Kedatangan rombongan Kapolri langsung dijemput oleh Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard TH. Tampubolon, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku, beserta pemangku kebijakan lainnya.

Maluku menjadi dalam beberapa bulan terakhir menjadi perhatian khusus karena pencapaian vaksinasinya termasuk lima terendah di Indonesia, dan hingga akhir 2021 belum mencapai target 70 persen. Baru Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tenggara yang capaian vaksinasinya di atas 70 persen.

Pada Desember 2021, Panglima TNI Andika Perkasa saat kunjungan kerja ke Maluku juga sempat menyoroti rendahnya pencapaian vaksinasi di daerah berjuluk "Negeri Raja-Raja" itu.

Baca juga: Kapolri minta TNI-Polri bersinergi percepat vaksinasi di Aceh

Pewarta: Winda Herman
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022