Jakarta (ANTARA) - Samsung pada September tahun lalu meluncurkan ponsel Galaxy A52s 5G dengan spesifikasi yang cukup tinggi untuk digunakan sehari-hari.

Ponsel ini merupakan peningkatan dari Galaxy A52 5G, yang meluncur sekitar bulan Maret tahun kemarin.

Berkat spesifikasinya yang tinggi, menggunakan ponsel ini terasa serba "ngebut" termasuk ketika digunakan bermain game.

ANTARA sempat menggunakan ponsel Galaxy A52s 5G selama beberapa pekan.

Desain

Pertama kali melihat Galaxy A52s 5G, hal pertama yang terlintas adalah ceria karena pilihan warna pada bodi belakang. ANTARA menggunakan warna Awesome Violet, warna ungu muda.

Pilihan warna pastel juga mengingatkan pada warna-warni yang digunakan Apple untuk seri iPhone 12. Samsung menggunakan lapisan (finishing) tidak mengilap alias matte untuk warna ini.

Setelah terlalu sering melihat bodi ponsel dengan lapisan mengilap yang berubah warna ketika terkena cahaya, bodi ponsel yang polos seperti ini terasa enak dilihat mata, tidak ada kesan glamor.

Pada bodi belakang pun tidak ada ornamen yang menonjol, selain kamera, malah tulisan merk Samsung sangat tipis, jika tidak betul-betul memerhatikan belum tentu terlihat.

Pada bodi belakang juga terdapat nomor IMEI dalam tulisan yang sangat kecil dan tipis.
Samsung Galaxy A52s 5G. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Ketika digenggam, Galaxy A52s 5G terasa kokoh meski pun bodi belakang, ketika diketuk dengan jari, menggunakan plastik.

Samsung memberikan layar seluas 6,5 inci dengan rasio aspek 20:9. Meski pun layar luas, ponsel ini tidak terkesan panjang seperti gawai lainnya dari merk ini.

Perpaduan ukuran itu juga membuat ponsel tidak terlihat besar ketika dipegang dengan satu tangan.

Finishing matte dan material plastik pada bodi belakang membuat Galaxy A52s 5G tidak licin saat dipegang, walau pun tanpa pelindung tambahan.

Meski pun sudah nyaman digenggam, tidak ada salahnya memberi pelindung (casing), lunak atau keras karena minyak dari jari sangat terlihat.

Selain itu, casing juga menjaga permukaan ponsel tetap datar ketika ditaruh di meja. Jika tidak memakai casing, ponsel tidak stabil karena bagian kamera menonjol beberapa milimeter.
Samsung Galaxy A52s 5G. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Samsung masih mempertahankan jack audio 3,5 milimeter, terletak di bagian kiri bawah. Di tengah, terhadap colokan pengisi daya USB Type-C dan di kanan satu pengeras suara.

Masih seperti ponsel lainnya, tombol volume suara dan daya terletak di sisi kanan ponsel. Samsung Galaxy A52s 5G menggunakan pemindai sidik jari yang dibenamkan di balik layar (under display).

Baca juga: Daftar "smartphone ready 5G" di Indonesia selama 2021

Baca juga: Galaxy A52s 5G jadi ponsel resmi Piala Presiden Esports 2021

Baca juga: Samsung luncurkan Galaxy A52s 5G dengan harga Rp6 jutaan


Halaman Selanjutnya: Layar

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022