Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendukung program pemberian sembako kepada masyarakat Kepulauan Seribu yang bersedia divaksin termasuk kalangan rentan yakni perempuan dan anak.

"Kami dari jajaran Kemen PPPA mengapresiasi berbagai inovasi yang dilakukan untuk mewujudkan masyarakat Kepulauan Seribu sejahtera. Pertama, kami menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Bapak Junaedi yang telah meluncurkan inovasi terkait program vaksinasi melalui moto Yes Vaksin, Yes Sembako," kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga melalui siaran pers, Rabu, terkait kunjungannya ke Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Pihaknya juga mengapresiasi efektivitas vaksinasi yang dilakukan kepada anak berusia 6-11 tahun dan 12-17 tahun di Kepulauan Seribu untuk mendukung pemenuhan hak anak dan mewujudkan perlindungan bagi anak.

Baca juga: UU No 17/ 2016 diminta diterapkan pada pelaku kekerasan seksual anak

Dia menegaskan dalam Undang-Undang Penanggulangan Bencana, ibu hamil dan menyusui serta anak, penyandang disabilitas dan lansia dikategorikan sebagai kelompok rentan yang harus dilindungi melalui pemberian prioritas penyelamatan, evakuasi, pengamanan, pelayanan kesehatan dan psikososial.

"Pandemi COVID-19 sebagai bencana non-alam turut memberikan dampak negatif paling banyak kepada kelompok rentan terutama kepada anak. Hal tersebut dikarenakan belum semua usia anak dapat divaksinasi, sementara anak di bawah dua tahun belum diperbolehkan menggunakan masker," kata dia.

Sementara Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu Junaedi menegaskan capaian vaksinasi di Kepulauan seribu sangat baik dan mendapat penghargaan dari Gubernur Jakarta.

Junaedi menyampaikan diantara 260 siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Pagi yang berusia 6-11 tahun, 255 diantaranya sudah divaksin, sementara sisanya berhalangan karena penyakit yang diderita ataupun karena jarak tempat tinggal.

"Pelaksanaan vaksinasi di Kepulauan Seribu saat ini termasuk kabupaten yang paling tinggi capaiannya. Untuk anak berusia 6-11 tahun di Kabupaten Kepulauan Seribu mencapai 85,6 persen, sementara di Pulau Untung Jawa sudah mencapai 97,8 persen," tutur Junaedi.

Baca juga: Bintang minta lembaga pengada layanan semakin siap tangani laporan
Baca juga: Kemen PPPA beri penghargaan wanita inspiratif dari Toli-Toli

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021