Tujuan sterilisasi ini adalah untuk meyakinkan bahwa prosesi ibadah ini berlangsung dengan aman.
Ambon (ANTARA) - Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Guntur mengerahkan sejumlah personel gegana untuk melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Pulau Ambon menjelang pelaksanaan ibadah malam Natal.

"Tim yang diturunkan melakukan sterilisasi terdiri dari dua regu untuk memeriksa gereja-gereja besar dengan jamaah terbanyak yang hendak melakukan ibadah Natal," kata Muhammad Guntur di Ambon, Jumat.

Tim Gegana yang turun melakukan sterilisasi di Gereja Meanatha, Gereja Bethania, dan Katedral terbesar di Kota Ambon dipimpin Ipda A Nanlohy, dengan melakukan pemeriksaan seluruh ruangan dilakukan sejak pukul 14.00 WIT hingga 16.20 WIT.

Pada Katedral Keuskupan Amboina, dilakukan dua kali misa hari raya Natal yakni pukul 17:00 WIT dipimpin Pastor Paul Kelkoy, dan misa kedua pukul 18.30 WIT dipimpin langsung Uskup Dioksis Amboina Mgr PC Mandagi.

Proses pemeriksaan dan sterilisasi, baik di Gereja Marantha, Bethania serta Katedral di Keuskupan Amboina juga didampingi Kapolsek Sirimau AKBP Mustafa.

Menurutnya, sebelum jamaah melakukan prosesi ibadah Natal baik di gereja maupun katedral, sudah diawali dengan sterilisasi dari Gegana Satbrimob Polda Maluku.

"Tujuan sterilisasi ini adalah untuk meyakinkan bahwa prosesi ibadah ini berlangsung dengan aman, sehingga tidak ada ancaman baik dari dalam maupun pihak luar," ujar Kapolsek.

Sterilisasi ini telah dilakukan pada gereja dan katedral besar, seperti Santo Yakobus Ahuru, Joseph Kham Belso, Marantaha, Silo, Gereja Ho Kim Tong yang merupakan wilayah hukum Polsek Sirimau. Termasuk juga dilakukan sterilisasi yang sama oleh tim gegana di wilayah hukum Polsek Nusaniwe seperti Gereja Hati Kudus Yesus dan Gereja Rehoboth.

Khusus untuk prosesi ibadah Natal di Gereja Maranatha dan Katedral Keuskupan Amboina turut dikawal oleh komponen pemuda dari organisasi Maluku Satu Darah (M1R) yang anggotanya terdiri dari komunitas Muslim dan Kristen.
Baca juga: TNI-Polri sekat konvoi malam Natal di Ambon
Baca juga: Pelabuhan Ambon catat pertumbuhan penumpang tertinggi selama Natal-Tahun Baru
Tim Gegana Satbrimob Polda Maluku sementara melakukan sterilisasi di Katedral Keuskupan Amboina sebelum dilakukan misa hari raya Natal pukul 17:00 WIT, Jumat (24/12/2021). ANTARA/Daniel

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021