Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Nairobi mendorong Kamar Dagang dan para pengusaha Kenya untuk mencari peluang kerja sama di Indonesia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin dalam Forum Bisnis Akhir Tahun di Nairobi, Selasa, mengatakan hubungan Kenya dan Indonesia telah mencapai lompatan baru dengan dibukanya Kedubes Kenya di Jakarta, demikian menurut rilis yang diperoleh ANTARA, Rabu.

"Saya mendorong sektor bisnis Kenya untuk dapat memanfaatkan secara resmi Kedubes Kenya di Jakarta pada awal tahun 2022 untuk datang ke Jakarta dan mencari peluang dengan calon mitra di Indonesia," kata dia.

Selain itu, bersamaan dengan pertemuan National Governing Council Kadin Kenya, Hery juga menyampaikan harapan agar Kadin dan sektor bisnis Kenya dapat membantu mendorong dimulainya negosiasi dagang (Preferential Trade Agreement PTA).

“KBRI telah mengirimkan rancangan PTA antara Kenya dan Indonesia. Saya sangat berharap bahwa dengan dibukanya Kedubes Kenya di Jakarta, Kenya dapat melihat lebih jelas peluang-peluang kerja sama dengan Indonesia di banyak bidang, termasuk perdagangan,” katanya menjelaskan.

Hery juga mendorong Kadin dan sektor bisnis Kenya untuk membantu dimulainya negosiasi PTA yang dapat membantu memperkuat hubungan dagang kedua negara.

Sementara itu, Presiden Kadin Kenya, Richard Ngatia, menyampaikan kesiapan untuk mendukung peresmian Kedubes Kenya di Jakarta.

Ia mengatakan bahwa momen peresmian tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk memperbarui MoU antara Kadin Kenya dan Indonesia, serta membentuk komunitas bisnis dua negara.

Terkait rancangan PTA, Ngatia mengatakan siap untuk memberi masukan kepada pemerintah Kenya untuk memulai negosiasi PTA.

Sementara itu, Forum Bisnis Akhir Tahun yang dihadiri oleh lebih dari 150 orang pengurus dan anggota Kadin Kenya, serta sejumlah duta besar negara sahabat seperti Iran dan Belarusia bertujuan untuk mengevaluasi kinerja perdagangan dan investasi selama tahun 2021 serta mendorong perbaikan pada tahun berikutnya.

Nilai perdagangan antara Kenya dan Indonesia dari Januari-Oktober 2021 adalah sebesar 485 juta dolar AS, melampaui total nilai perdagangan sebesar 414 juta dolar Amerika pada 2020.

 Baca juga: Dubes Hery serahkan surat kepercayaan kepada Presiden Kenya
Baca juga: Indonesia dorong peningkatan kerja sama ekonomi konkret dengan Kenya
Baca juga: Kenya akan buka kedutaan besar di Jakarta awal 2020

Pewarta: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021