Jakarta (ANTARA) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memecahkan rekor MURI untuk pengukuhan guru besar terbanyak dalam kurun 8 Juni 2019 hingga 14 Desember 2021.

“Pengukuhan Guru Besar UNJ dilakukan dari tanggal 8 Juni 2019 sampai 14 Desember 2021 dengan jumlah 30 guru besar. Pada acara pengukuhan guru besar, setiap guru besar yang dikukuhkan masing-masing menyampaikan orasi ilmiah sesuai dengan bidang ilmunya dan tidak lupa melalui reviewer yang telah ditentukan senat UNJ,” ujar Wakil Rektor II UNJ, Dr Agus Dudung dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan biasanya setiap tahun hanya ada satu atau dua orang dosen yang dikukuhkan menjadi guru besar. UNJ diharapkan akan menjadi universitas unggul dan mempunyai reputasi yang baik di kawasan Asia maupun dunia.

Baca juga: UNJ kukuhkan lima guru besar ilmu pendidikan

“Semoga di dalam perjalanan UNJ betul-betul dapat menorehkan prestasi menjadi universitas yang bereputasi di kawasan Asia, bahkan dunia,” katanya.

Ketua Senat UNJ, Prof Hafid Abas mengatakan bukan tidak mungkin UNJ akan memiliki 100 guru besar. “Kita juga patut mensyukuri bahwa UNJ masuk dalam peringkat ketiga untuk hak kekayaan intelektual (HKI), setelah Universitas Brawijaya dan Universitas Gajah Mada,” terang dia.

Rektor UNJ, Prof Komarudin mengucapkan terima kasih atas raihan yang diberikan MURI tersebut. Rekor sebelumnya dipegang oleh Universitas Negeri Lampung.

“Jumlah 30 guru besar adalah masa diterbitkan dalam tiga tahun, dan sebenarnya ada 31 guru besar. Dikarenakan berhalangan, jadi yang sempat dikukuhkan baru 30 guru besar, dari 2019-2021, rinciannya tiga orang pada 2019, 17 orang pada 2020 dan 11 orang pada 2021. Dikukuhkan dalam satu rangkaian pada tahun 2021,” jelas Komarudin.

Baca juga: Guru besar UNJ kini disandang Ketua Umum PGRI

Baca juga: UNJ kukuhkan guru besar bidang manajemen dan teknologi pembelajaran


Komarudin berharap UNJ dapat memiliki prestasi yang bagus untuk semua bidang dan aspek.

Perwakilan MURI Indonesia Awan Rahargo mengatakan rekor itu merupakan capaian yang luar biasa yang diraih UNJ. MURI berharap dalam penyampaian prestasi dapat berdampak pada penilaian dan pemeringkatan serta reputasi UNJ, baik secara level nasional maupun internasional. Pada hari ini Museum Rekor Dunia Indonesia akan mencatat yang ke-4 kalinya untuk UNJ.

“Selamat kepada guru besar UNJ yang sudah dikukuhkan, semoga diberikan kekuatan untuk melaksanakan tugas dan amanah baru sebagai profesor,” kata Awan.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021