Pekanbaru (ANTARA) - Situs web Media Center Riau meraih juara pertama kategori berita tingkat provinsi dalam ajang penghargaan untuk media center daerah tingkat nasional tahun 2020 dari Kementerian Komunikasi Informasi (Kemenkominfo) RI.

"Penghargaan ini ditentukan melalui penilaian yang dilakukan oleh tim Redaksi Portal Info Publik. Dikurasi dengan memperhatikan kuantitas dan kualitas konten informasi, serta arah pemberitaan yang telah ditetapkan oleh redaksi periode Januari sampai dengan Desember 2020," kata Plt Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Mira Tayyiba, dalam keterangan resmi di Riau, Senin.

Dasarnya adalah Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Nomor 18 tahun 2021, tentang penerima penghargaan media center daerah tingkat nasional tahun 2020.

Ia mengatakan, keputusan direktorat jenderal ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan tidak dapat diganggu gugat.

Media center daerah yang meraih penghargaan untuk media center terbaik kategori berita provinsi yaitu, peringkat I Diskominfotik Riau, peringkat II Diskominfo Jawa Timur, peringkat III Diskominfo Kalimantan Selatan. Lalu, peringkat IV Biro Humas Setda Pemprov Gorontalo, peringkat V Diskominfo Sumatera Selatan.

Selanjutnya, media center terbaik kategori berita kabupaten/kota yaitu, peringkat I Diskominfo Padang, peringkat II Diskominfo Palangkaraya, peringkat III Diskominfo Batam, peringkat IV Diskominfo Kota Pekanbaru, peringkat V Diskominfo Kabupaten Blora.

Kemudian, peringkat VI Diskominfo Sumenep, peringkat VII bagian protokol Setda Agam, peringkat VIII Diskominfo Batang, peringkat IX Diskominfo Kota Pariaman dan peringkat X Diskominfo Balangan.

Media center terbaik kategori foto provinsi/kabupaten/kota diraih oleh peringkat I Diskominfo Palangkaraya, peringkat II Biro Humas Setda Kota Tidore Kepulauan, peringkat III Diskominfo Banjar. Lalu, peringkat IV Diskominfo Kalimantan Selatan, serta peringkat V Diskominfo Kabupaten Batang.

"Untuk kategori foto terbaik I diraih oleh Diskominfo Kabupaten Blora dengan judul patuh protokol kesehatan, terbaik II diraih Diskominfo Kabupaten Batang dengan judul pasang aksesoris tas kayu. Dan terbaik III diraih oleh Diskominfo Kalimantan Selatan dengan judul bersiap ambil sampel," terangnya.

Plt Kadis Kominfotik Riau, Raja Hendra Saputra mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan diberikan Kemenkominfo kepada Pemprov Riau khususnya untuk portal mediacenter.riau.go.id.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan cambuk dan semangat bagi tim Media Center Riau untuk menyajikan informasi tentang Provinsi Riau lebih baik lagi.

Selain itu bisa menjaga kualitas berita, sehingga nantinya prestasi ini dapat dipertahankan bahkan bila perlu ditingkatkan.

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dari tim. Mereka bukan hanya mengejar kuantitas berita, akan tetapi juga kualitas berita, tetap dipertahankan. Semoga prestasi ini dapat terus ditingkatkan," ujar Hendra. 

Pewarta: Frislidia
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021