Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria mengajak masyarakat untuk menerapkan sikap bela negara di antaranya dengan berkontribusi bagi pembangunan dan bahu-membahu menghadapi pandemi COVID-19.

"Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi dan berprestasi di tengah pandemi COVID-19. Kita harus buktikan ketangguhan kita," kata Riza Patria pada Peringatan Hari Bela Negara Ke-73 tahun 2021 di Balai Kota Jakarta, Senin.

Ia pun mengajak masyarakat untuk menciptakan peluang melalui inovasi dan kreasi di tengah tantangan yang tidak mudah akibat pandemi COVID-19.

Menurut dia, Bangsa Indonesia akan kuat dan besar apabila seluruh pihak mampu mengambil peran menjadikan Tanah Air lebih maju.

Tugas bela negara, kata dia, bukan hanya tugas TNI dan Polri, namun juga merupakan tugas dan kewajiban warga negara Indonesia, sebagai bagian dari komponen bangsa.

"Perkokoh semangat bela negara dan bahu-membahu, saling bergandeng tangan dalam menghadapi pandemi COVID-19 agar kita tangguh melalui berbagai ujian dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa," kata Riza.

Riza menjelaskan, bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan negara dengan cinta NKRI dan Pancasila.

"Implementasi dari lima nilai dasar bela negara inilah yang harus terus dikembangkan. Saya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia, bagian dari komponen bangsa, untuk menjaga kedaulatan NKRI dengan semangat bela negara," katanya.
Baca juga: Film Bela Negara mulai ditayangkan di TIM Jakarta
Baca juga: Mantan pimpinan DPRD DKI: Sikap bela negara dibutuhkan lawan COVID-19

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021