Depok (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meresmikan Gedung Sarana Olahraga (SOR) di kampus Universitas Indonesia (UI) di Kota Depok, Jawa Barat, Rabu.

"Saya tentunya gembira atas hadirnya sarana olahraga di UI ini dan berharap dapat menjadi tempat berlatih bagi sivitas akademika UI, baik mahasiswa, dosen, dan lainnya," kata Zainudin dalam sambutan di kampus itu, Rabu.

Dia menyatakan di berbagai negara, prestasi olahraga sering dilahirkan di i perguruan tinggi, bahkan  prestasi olahraga sudah dikonversi menjadi prestasi akademik.

"Mudah-mudahan UI menuju ke sana, terutama dalam pembinaan talenta dan bibit yang menjadi sumber atlet elit nasional. Karena kalau tidak, maka agak kurang minatnya anak muda menjadi atlet,"  kata dia.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyebut kerja sama  UI dan Kemenpora utamanya dilakukan dalam bidang riset dan UI siap membantu menyusun kajian big data analysis dan sport management dalam mengukur sumbangsih multiplier effect secara ekonomi kegiatan-kegiatan olahraga di Indonesia.

Kedua belah pihak juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan UI.

Ruang lingkup NKB mencakup perumusan kebijakan bidang kepemudaan dan keolahragaan yang berbasis ilmu pengetahuan); pengembangan sentra pemberdayaan pemuda dan sentra olahraga prestasi.

Baca juga: Indonesia targetkan masuk lima besar Olimpiade 2044

Selain itu peningkatan sumber daya manusia, pemanfaatan sarana dan prasarana antar kedua institusi, pertukaran data informasi, implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan fasilitas bantuan pemerintah untuk lingkungan kedua institusi.

Penandatanganan NKB adalah tindak lanjut dari kunjungan pimpinan UI ke kantor Kemenpora pada  Oktober 2021 di mana masing-masing pihak membahas kerja sama pembiayaan dan pemanfaatan fasilitas olahraga antar kedua institusi, sampai tercetus rencana pengembangan kurikulum khusus atlet sehingga prestasi mahasiswa yang menjadi atlet dapat dikonversi menjadi prestasi akademik.

SOR dibangun sejak Juli 2019 dan merupakan kawasan terintegrasi antara fasilitas keolahragaan berbentuk multifunctionall hall yang terdiri dari dua hall besar. Masing-masing hall berluas 3.500 meter persegi dengan total area 7.000 meter persegi.  Dua hall ini masing-masing mempunyai tiga bagian tersendiri, yaitu bagian lapangan basket, lapangan voli, dan lapangan sepakbola.

SOR dilengkapi dengan toilet dan kamar mandi ramah disabilitas, ruang penanganan medis, serta ruang ganti bagi wanita dan pria dengan masing-masing jumlah cubicle sebanyak 12 dan 8 cubicle. Selain itu, terdapat juga tambahan fasilitas seperti kafetaria, ruang penyimpanan barang, dan akses jalan setapak bagi penyandang disabilitas.

UI berencana mengintegrasikan semua kegiatan olahraga mahasiswa ke dalam fasilitas in, sehingga fasilitas olahraga di tingkat fakultas dapat dialihfungsikan untuk kegiatan akademik.

SOR melengkapi fasilitas olahraga lain yang telah dimiliki UI seperti gymnasium, stadion sepakbola UI, lapangan outdoor hockey, driving range, area panahan dan kolam renang di Felfest UI, lapangan tenis outdoor, serta beberapa area-area olahraga di masing-masing fakultas.

Baca juga: Menpora: Olahraga harus jadi gaya hidup sejak usia muda

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021