Jangan sampai rumah di sekeliling tetap kumuh dan tidak sesuai dengan kemewahan masjidnya. Maka makmurkan masyarakat di sekitar masjid
Batam (ANTARA) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mengajak jajaran pengurus DMI Kepulauan Riau (Kepri) untuk turut memakmurkan masyarakat di sekitar masjid, dan tidak hanya fokus pada rumah ibadah saja.

"Jangan sampai rumah di sekeliling tetap kumuh dan tidak sesuai dengan kemewahan masjidnya. Maka makmurkan masyarakat di sekitar masjid," katanya usai melantik Ketua DMI Kepri di Batam, Rabu.

Ia menegaskan, DMI memiliki tugas untuk memakmurkan masjid.

Dalam memakmurkan masjid, di dalamnya termasuk membangun masjid, mengurus masjid dan jamaah, termasuk masyarakat di sekitar.

"Masjid dibangun seindah apapun, kalau tidak diurus ya tidak makmur. Kemudian, masjid sudah indah, pengurusnya banyak, tapi tidak ada jamaahnya juga tidak makmur," katanya.

Menurut JK -- sapaan akrabnya -- meski tugas pengurus DMI berat dalam memakmurkan masjid, namun mendapatkan pahala yang besar dari Allah.

Baca juga: JK minta masjid sebagai tempat berlindung bagi warga terdampak bencana

Baca juga: JK resmikan gerakan masjid jadi sentra vaksinasi

Baca juga: JK serukan 50 persen hasil kotak amal masjid disumbangkan ke Palestina


Ketua DMI Kepri yang baru dilantik Muhammad Rudi menyatakan sebagai langkah awal dirinya akan mendata jumlah dan kondisi masjid yang tersebar di penjuru provinsi kepulauan itu.

"Jika sudah ada datanya, maka berapa banyak masjid yang perlu dibangun dan sebagainya," kata pria yang juga menjabat Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam.

Dalam kesempatan itu, ia juga menegaskan masjid harus dibuat nyaman, agar jamaah merasa betah saat berada di rumah Allah.

"Mungkin masih ingat dulu saat saya masih menjadi Wakil Wali Kota Batam, hampir semua masjid tidak ada pendinginnya. Alhamdulillah saat ini sebagian besar masjid sudah memiliki AC," katanya.

Ia yakin jika jamaah nyaman saat menjalankan ibadah di masjid, maka masjid akan makmur.

Selain itu, ia juga berkomitmen mendorong agar masjid memiliki legalitas lahan yang sah, agar terhindar masalah di kemudian hari.


Baca juga: Gubernur Kepri dorong orang tua biasakan anak ke masjid

Baca juga: Masjid Sultan Batam kini miliki pojok baca digital

Baca juga: Gugus Tugas Kepri terbitkan edaran protokol shalat berjamaah di masjid

Baca juga: MUI Provinsi Kepri perbolehkan shalat berjamaah di masjid

 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021