Teheran (ANTARA News) - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad membebastugaskan menteri perminyakan dan dua menteri lainnya, Sabtu, kata kantor berita ISNA.

"Menteri-menteri perminyakan, kesejahteraan sosial dan perindustrian dan pertambangan dibebastugaskan oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad dalam usaha untuk merampingkan menteri pemerintah dari 21 menjadi 17," kata ISNA.

Perombakan kabinet itu di negara pengekspor terbesar kelima minyak dunia itu telah diduga setelah beberapa pejabat awal bulan ini mengatakan kementerian-kementerian perminyakan dan energi dan perburuhan dan kesejahteraan sosial akan digabungkan.

Tidak ada pengumuman tentang siapa yang akan mengambil alih portofolio-portofolio baru yang dibentuk itu. Parlemen harus menyetujui bagi pembentukan setiap kementerian baru.

Memproleh persetujuan parlemen yang ketuanya dijabat Ali Larijani yang secara terbuka mengecam kebijakan kebijakan dalam negeri dan ekonomi Ahmadinejad, tidak akan mudah.

Pemimpin tertinggi yang memiliki kekuasaan penting Ayatollah Ali Khamenei memiliki wewenang atas kementerian-kementerian penting termasuk perminyakan, luar negeri,intelijen dan dalam negeri.
(H-RN/H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011